• Hardox, Bisalloy, Creusabro, XAR, Quard Sumihard, Fora, Raex,JFE Everhard
  • Plat Boiler,A283Gr.C,SS400,Plat Kapal,A36,BKI,SM490,S355J
  • 3Cr12,210,304/304L,AISI 310,316/316L,403, 410,430,Durinox
  • AISI 1045,AISI 4140,AISI 4340,SCM415,SCM435,SCM440,DIN 42CrMo4,DIN 34NiCrMo6,
  • S45C,S50C,VCL140,VCN150,ASSAB,Bohler, Thyssenkrupp
  • SKD11, SKD61, SKS3, SKT4, HSS, Tungsteen Carbide
  • H-Beam,I-Beam,WF Beam,UNP,C-Channel,Besi Siku,King Cross, T-Section
  • Toko Besi,Jual Besi Baja,harga Plat dan RounBar

Share This

Yield Strength VS Tensile Strength

Perbedaan Yield Strength VS Tensile Strength


Dalam setiap postingan di blog ini yang mengulas karakteristik dari material baja, kita lazim menemukan istilah Yield Strenght (kekuatan luluh) dan Tensile Strength (kekuatan tarik). Dua istilah ini termasuk dalam mechanical properties (sifat mekanik) material baja, yang menjelaskan karakteristik mekanis dari material baja tersebut.

Perbedaan utama antara kekuatan luluh dan kekuatan tarik adalah bahwa kekuatan luluh adalah tegangan minimum di mana material mengalami deformasi secara permanen, sedangkan kekuatan tarik menggambarkan tegangan maksimum yang dapat ditangani oleh bahan sebelum pecah.

Apa itu Yield Strenght

Yield Strenght (Kekuatan Luluh) adalah tegangan minimum ketika suatu material baja kehilangan sifat elastisnya.

Ketika tekanan pada suatu material perlahan-lahan meningkat, kita dapat melihat bahwa regangan meningkat secara proporsional pada awalnya. Jika gaya yang menyebabkan tekanan pada material dihilangkan, maka material tersebut akan kembali ke bentuk semula. Ketika suatu bahan mampu melakukan ini, kita katakan bahwa bahan itu elastis (bayangkan karet gelang). Jika tekanan pada material terus meningkat, maka material pada akhirnya akan mencapai titik ketika material tersebut menjadi sangat cacat sehingga, bahkan ketika kekuatan deformasi dihilangkan, material tidak dapat kembali ke bentuk aslinya. Tegangan di mana bahan berhenti berperilaku elastis disebut kekuatan luluh. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada video berikut ini.


Video.1 Test untuk menentukan Yield Strength Material Stainless Steel





Luluh yang terjadi pada suatu material jika tegangan desain (Td) melebihi kekuatan Luluhnya. Menentukan Tegangan Desain biasanya didapatkan dari kriteria Von Mises yang merupakan persamaan yang didapat dengan Metode Elemen Hingga (Finite Element Analysis),

Biasanya untuk mudahnya menentukan tegangan desain, seorang engineer menentukan berapa beban yang diinginkan secara global saja? Misalnya…Saya menentukan suatu batang bulat berdiameter 19mm jika diberi beban tarik 5ton. Beban 5 ton ini saya asumsikan sebagai beban desain. Jadi yield strenght berguna dalam menentukan safety faktor dari suatu desain.


Apa itu Tensile Strenght

Tensile Strenght (Kekuatan Tarik) kadang  juga disebut “Ultimate Tensile Strength” adalah Tegangan maksimum yang bisa diterima oleh suatu material sebelum material itu mengalami patah/ breaking.

Misalkan Anda terus meningkatkan kekuatan pada material di luar kekuatan luluh. Bahan terus berubah bentuk, dan akhirnya kekuatan antara molekul menjadi tidak mampu menandingi kekuatan eksternal dan bahan pecah. Tegangan maksimum yang dapat ditangani bahan sebelum pecah disebut kekuatan tarik atau kekuatan pamungkas.


Penjelasan sederhana antara Yield Strenght dan Tensile Strength seperti dijelaskan oleh diagram Tegangan-Regangan untuk material dibawah ini:





Ketika Anda melihat kurva tegangan-regangan di atas, tegangan tampaknya berkurang karena bahannya terus memanjang. Ini karena definisi tegangan dan regangan yang digunakan untuk menggambar diagram ini tidak memperhitungkan perubahan di area yang terjadi ketika gaya diterapkan pada material. Sebaliknya, di sini diasumsikan bahwa area tersebut tetap konstan. Jenis definisi untuk stres yang tidak memperhitungkan perubahan di area ini disebut tekanan teknik. Jika perubahan area diperhitungkan, maka kurva tegangan-regangan menunjukkan bahwa saat material terus memanjang, tegangan juga meningkat. Definisi stres yang memperhitungkan perubahan berkelanjutan di area tersebut disebut stres sejati. Nilai dari Tensile Strength suatu material biasanya diperoleh dari Tabel yang disajikan oleh suatu referensi/ buku manual.

Video Test untuk menentukan Ultimate Tensile Strength Material Baja, Kuningan & Perunggu




Tensile Strength biasanya digunakan untuk menentukan nilai Tegangan Maksimum yang bisa diterima oleh suatu material baja. Yang pada akhirnya untuk menentukan beban maksimum yang bisa diterima oleh suatu permukaan.



Referensi:
pediaa.com/difference-between-yield-strength-and-tensile-strength/



Penelusuran Terkait: cara menentukan tensile strength material baja, what is yiedl strength, what is tensile strength, ultimate tensile strength kuningan, berapa tensile strength perunggu, perbedaan yield strength dan tensile strength, berapa yield strength stainless 304, defenisi yield strength, sifat mekanis baja stavax,berapa tegangan maksimum yang bisa diterima oleh suatu material baja vcn, berapa momen puntir baja vcl,kenapa baja bisa pecah,sifat elastis baja

Produk Terkait:

Tags:
  • #toko besi terdekat, Jual plat Hardox,jual plat abrex 500,plate 253MA stainless, harga Plat 3cr12,plat Everhard C-400,XAR wear plate,quard plate, Jual plate raex 400, Creusabro 8000, plate weldox, Harga Baja, #jual stainless steel 304/L, as stainless 316, plat stainless 310s, sf003 steel plate,Jual plat A283 Gr.C bekasi,harga plat A516 Gr.70, stainless 410s Durinox,Jual Steel Pipe, distributor baja KS, GRP, dual plate,jual steel holo, harga steel roundbar terbaru, ASTM A572 grade 50, daftar harga stainless 2023,jual besi kotak,Aluminium plate 7075, material baja preharden,material stavax, jual vcn steel, Harga besi holo,inp,wf, unp,cnp,,H-beam,besi beton,Steel AISI 4340, harga Plate Boiler A387 Gr.22,jual valve dan flange,plat Kapal SS400,A36, BKI plate,SPCC SD, SPHC,Plat S355JR steel, harga plate sm490 YA, ABS, abrasion,Marine plate, plate Corten, Sumihard,Offshore plates,plat bisalloy,