• Hardox, Bisalloy, Creusabro, XAR, Quard Sumihard, Fora, Raex,JFE Everhard
  • Plat Boiler,A283Gr.C,SS400,Plat Kapal,A36,BKI,SM490,S355J
  • 3Cr12,210,304/304L,AISI 310,316/316L,403, 410,430,Durinox
  • AISI 1045,AISI 4140,AISI 4340,SCM415,SCM435,SCM440,DIN 42CrMo4,DIN 34NiCrMo6,
  • S45C,S50C,VCL140,VCN150,ASSAB,Bohler, Thyssenkrupp
  • SKD11, SKD61, SKS3, SKT4, HSS, Tungsteen Carbide
  • H-Beam,I-Beam,WF Beam,UNP,C-Channel,Besi Siku,King Cross, T-Section
  • Toko Besi,Jual Besi Baja,harga Plat dan RounBar

Share This

Besi Pelat Hitam, Plat Eser, Mild Steel & Plat Kapal




Secara umum, besi pelat hitam, plat eser, plat mild steel & plat kapal adalah pelat yang masuk kedalam golongan pelat material baja karbon (carbon steel). Pelat material carbon steel mempunyai standart spesifikasi yang setara (equivalent) antara lain: SS400 JIS G3101, ASTM A36, ST37 DIN 17100, ASME SA36, A283 Grade D, S275JO EN, BS 43A, AISI1018, AS3678-250, dll. Pengertiannya akan diuraikan seperti berikut ini


Pengertian Plat Eser

Plat eser, secara umum pengertiannya adalah baja lembaran berbentuk kotak yang permukaannya rata dengan ukuran triplek. Jadi plat eser itu adalah plat baja lembaran yang ukurannya menyerupai ukuran triplek. Kata plat eser adalah kata yang salah kaprah/ tidak baku dalam bahasa Indonesia, namun sering dipergunakan dalam pemakaian sehari hari, sehingga plat eser adalah istilah umum yang dapat diterima.

Defenisi Plat Kapal

Plat kapal merupakan plat baja canai panas (hot rolled steel sheet) dengan ukuran lembaran standar yaitu 5 feet x 20 feet dan 6 feet x 20 feet. Disebut plat kapal karena umumnya digunakan untuk bahan pembuatan lambung kapal dan berbagai keperluan material pembuatan kapal. Plate kapal pada dasarnya dilihat dari segi penampakan fisiknya sama dengan plat hitam mempunyai warna yang hitam akan tetapi,ada perbedaan dari ukuran dimensi dan kandungan kimianya dikarenakan fungsinya dan aplikasinya yang berbeda.

Kualitas baja plat kapal disertifikasi oleh badan klasifikasi. Badan klasifikasi untuk pengujian material plat kapal di indonesia adalah BKI (Badan Klasifikasi indonesia), LR (Lloyd’s Register) dan ABS. Badan Klasifikasi melakukan inspeksi pengujian sesuai standar yang telah ditentukan sebelum pengiriman. Semua plat disertifikasi dan diberikan keterangan sesuai aturan yang berlaku.

Pada awalnya badan klasifikasi LR memberikan spesifikasi yang berbeda untuk setiap baja. Namun pada tahun 1959, badan klasifikasi membuat kesepakatan untuk membakukan semua kebutuhan plat. Sekarang ada lima kualitas baja yang berbeda menurut badan klasifikasi dalam konstruksi kapal. Adapun tiap grade di beri perbedaan yaitu grade A, grade B, grade C, grade D, dan grade E. Untuk grade A merupakan baja yang mempunyai kualitas bagus untuk sebuah bangunan kapal. Sedangkan grade B adalah jenis baja ringan yang mempunyai kualitas lebih bagus dari pada baja grade A. Baja grade B merupakan baja dimana tebal platnya yang diperulukan untuk daerah kritis. Sedangkan Grade C,D,dan E memiliki tingkat kelenturan yang baik.


Plat Mild Steel

Plat mild steel adalah plat baja dengan kandungan carbon antara 0 s/d 0,3 %.  Plat mild steel yang umum dipasaran adalah standar ASTM A36 dan JIS G3101 SS400. Banyak orang yang salah persepsi menganggap bahwa "SS" pada SS400 adalah singkatan dari Stainless Steel, padahal SS yang dimaksud disini artinya adalah "Stuctural Steel".  Plat Mild Steel sering dipakai untuk aplikasi struktur/konstruksi umum (general purpose structural steel) misalnya untuk jembatan (bridge), pelat kapal laut, oil tank, dll.

Sifat umumnya dari plat mild steel ini adalah kaku dan kuat. Mereka juga bisa memiliki sifat magnetis. Sehingga banyak digunakan pada mesin motor dan peralatan listrik. Kekurangan dari baja jenis ini adalah terhadap serangan karat, sehingga tidak cocok untuk digunakan pada lingkungan yang korosif, kecuali sudah diberikan perlindungan yang sesuai sebelumnya.

Perbedaan baja biasa VS Mild steel

Baja biasa tidak terlalu mudah dibentuk dibandingkan jenis mild steel.
Mild steel tidak serapuh baja biasa.
Baja biasa lebih tahan karat.
Mild steel dapat diperkuat lagi dengan penambahan sedikit karbon.
Kuat terhadap beban tarik
Jenis baja mild steel adalah bahan konstruksi yang sangat kuat. Sebuah pipa baja dengan diameter 25 mm yang mampu menahan beban tarik hingga 20.000 kg (20 ton) sebelum patah.

Kekuatan luar biasa ini sangat bermanfaat bagi bangunan. Fitur penting lain dari instalasi baja adalah fleksibilitasnya. Baja mampu menekuk tanpa terjadi retakan,  yang menjadikannya sebuah kelebihan utama. Sebuah bangunan tinggi dengan konstruksi baja, mampu melendut/melentur bila terkena hembusan angin atau ketika menerima gaya akibat gempa.

Kelebihan lainnya dalah sifat plastisnya, baja ketika menerima tekanan yang besar diluar kemampuannya akan menekuk terlebih dahulu, tidak langsung retak seperti kaca, tetapi perlahan membengkok keluar dari bentuknya.

Sifatnya ini memungkinkan bangunan baja melengkung keluar dari bentuk, atau berubah bentuk, sehingga memberi peringatan kepada penghuninya untuk evakuasi. Kegagalan dalam rangka baja tidak mendadak – struktur baja jarang ambruk. Baja dalam kasus gempa, mampu bertahan jauh lebih baik daripada kebanyakan bahan lainnya yang kaku dan getas.

Kekurangan dari baja adalah terhadap panas, baja dengan cepat akan kehilangan kekuatannya pada suhu yang tinggi. Pada suhu 500 derajat celcius, baja mild steel bisa kehilangan hampir setengah kekuatannya.

Inilah yang terjadi pada runtuhnya gedung World Trade Centre pada tahun 2001. Oleh karena itu baja pada bangunan harus diberi perlindungan terhadap api atau suhu tinggi. Hal ini biasanya dilakukan dengan membungkusnya dengan material papan atau dengan menyemprotkan bahan anti api.

Kenapa dan dimana kita menggunakan Mild Steel?
Jika baja tersebut tidak akan di ekspos, misal penyelesaiannya nanti akan dilapis cat atau diberi pelapis.
Jika Anda membutuhkan baja untuk komponen struktural yang sesuai dengan estetika dan tidak terlihat atau mempengaruhi keseluruhan konsep visual.


Baja Pelat Hitam

Secara umum disebut baja plat hitam dikarenakan warna nya yang kehitam-hitaman. Baja plat hitam 

Submit Express


Related Steel Plate Product:

Incoming Search Terms: Jual plat Kapal, marine plate, plat eser, mild steel plate A36, pelat kapal BKI, DNV, tabel ukuran berat pelat hitam, harga plat mild steel terbaru, plate ss400 murah, equivalent astm a36, harga plat A36 terbaru, catalog plat eser,harga plat besi terbaru, dimensi, spesifikasi plat, plat mild steel murah, plat Gunung Garuda, steel plate a36, pelat besi krakatau steel, harga plat ms per Kg, equivalent ASTM A283 Grade D,harga plat carbon steel,pelat baja harga murah, harga pelat besi, suplier steel plate, jual steel plate, distributor plat cs jakarta, pabrik plat mild steel,plat beyond-steel, besi plat lembaran, cara menghitung berat plat kapal,plat mild steel, harga plat mild steel 2017, plat baja carbon, jual plat baja lembaran, harga plat ks terbaru, plat baja medium

Produk Terkait:

Tags:
  • #toko besi terdekat, Jual plat Hardox,jual plat abrex 500,plate 253MA stainless, harga Plat 3cr12,plat Everhard C-400,XAR wear plate,quard plate, Jual plate raex 400, Creusabro 8000, plate weldox, Harga Baja, #jual stainless steel 304/L, as stainless 316, plat stainless 310s, sf003 steel plate,Jual plat A283 Gr.C bekasi,harga plat A516 Gr.70, stainless 410s Durinox,Jual Steel Pipe, distributor baja KS, GRP, dual plate,jual steel holo, harga steel roundbar terbaru, ASTM A572 grade 50, daftar harga stainless 2023,jual besi kotak,Aluminium plate 7075, material baja preharden,material stavax, jual vcn steel, Harga besi holo,inp,wf, unp,cnp,,H-beam,besi beton,Steel AISI 4340, harga Plate Boiler A387 Gr.22,jual valve dan flange,plat Kapal SS400,A36, BKI plate,SPCC SD, SPHC,Plat S355JR steel, harga plate sm490 YA, ABS, abrasion,Marine plate, plate Corten, Sumihard,Offshore plates,plat bisalloy,