Untuk menghubungi kami Klik Disini»» atau:

» Tel:+62-21 2986 1684
» Mobile: 0812 8287 8867| 0822 8888 3967
» WA: 0822 8888 3967
» Fax:+62-21 2986 1684
» E-mail: sales@beyond-steel.com

Glossary Baja

AFNOR (Association Francaise de Normalization)
Adalah standardisasi produk baja yang diproduksi dan digunakan di negara Francis

AGGLOMERATING PROCESSES
Batu kapur murni (flux) dan bijih besi yang sulit untuk ditangani dan diangkut karena debu dan dekomposisinya. Oleh karena itu material serbuk ini biasanya diproses dalam ukuran yang lebih besar.

AGING
Perubahan karakteristik logam dan campuran logam (seperti baja) yang terjadi pada peningkatan suhu moderate setelah proses perlakuan panas atau dingin. Karakteristik yang terpengaruh yaitu derajat keras, daya tahan material terhadap tekanan, kelenturan, nilai, kemampuan untuk dibentuk, karakteristik magnetic, dll.

AIR HARDENING STEEL : Adalah baja dengan proses hardening memakai media pendingin udara

AISI  (American Iron Steel Institute )
Adalah asosiasi yang menambang bijih besi dan produsen baja Amerika. AISI mewakili kepentingan-kepentingan Canada, Mexico, dan Amerika Serikat.

ALLOYING ELEMENT 
Elemen logam lainnya yang ditambahkan pada saat lelehan baja atau alumunium yang bertujuan untuk meningkatkan tahanan terhadap karat, kekerasan dan kekuatan. Logam yang biasanya banyak digunakan pada campuran stainless steel terdiri dari chromium, nikel dan molybdenum.

ALLOY STEEL 
Campuran dasar besi dianggap sebagai baja jika kandungan mangannya lebih dari 1.65%, kandungan silicon nya lebih dari 0.5%, tembaga diatas 0.6% atau campuran lainnya yang jumlahnya lebih sedikit seperti chromium, nikel, molybdenum, atau tungsten. Bermacam-macam perbedaan komposisi dapat dibuat untuk baja dengan mengganti elemen ini didalam suatu formula.

ALUMUNIUM KILLED STEEL (SPECIAL KILLED)
Deoksidasi baja dengan alumunium untuk mengurangi kadar oksigen sampai batas minimum sehingga tidak terjadi reaksi antara karbon dan oksigen pada saat pemadatan.

ANCHOR BOLT  
Baut angkur yang digunakan pengikat kolom pada pondasi.

ANCHOR BOLT PLAN  
Lay out tampak lokasi angkur bolt yang dilengkapi jarak-jarak angkur dan reaksi perletakannya. 

ANNEALING
Adalah proses pemanasan baja atau paduan logam hingga mencapai suhu tertentu, lalu ditahan beberapa saat dan akhirnya didinginkan perlahan-lahan. Proses ini biasanya bertujuan meningkatkan keuletan (sifat dapat ditarik atau diregangkan) logam tersebut, dan supaya tidak rapuh. Suhu yang digunakan untuk melakukan annealing berbeda-beda sesuai logam atau paduan yang dikerjakan

ANSI : (American National Standart Institute) 
Adalah sebuah lembaga nirlaba swasta yang mengawasi pengembangan standar konsensus sukarela untuk produk, jasa, proses, sistem, dan personel di Amerika Serikat. Lembaga tersebut mengawasi pembuatan, diberlakukannya, dan penggunaan ribuan norma dan pedoman yang secara langsung berdampak bisnis di hampir setiap sektor. Lembaga tersebut juga mengkoordinasikan standar Amerika Serikat dengan standar internasional sehingga produk-produk Amerika Serikat dapat digunakan di seluruh dunia.

APPROVAL DRAWING 
Gambar persetujuan yang di kirim pada user/owner untuk dipelajari dan dicek kembali jika ada perubahan akan segera di perbaiki sampai pada selesainya sebagai dasar pembuatan shop drawing.

ARGON-OXYGEN DECARBURIZATION (AOD) 
Proses untuk peleburan stainless selanjutnya melalui pengurangan unsur karbon. Jumlah karbon dalam stainless steel harus lebih rendah dari baja karbon atau lebih rendah dari baja campuran (contoh baja dengan elemen campuran dibawah 5%). Jika EAF adalah tungku peleburan stainless steel konvensional, AOD adalah tambahan yang ekonomis, karena waktu operasinya lebih singkat, suhunya lebih rendah daripada pembuatan baja dengan EAF. Sebagai tambahan, menggunakan AOD untuk stainless steel meningkatkan kemampuan EAF untuk keperluan lelehan.
Lelehan baja yang belum dilebur, dipindahkan dari EAF kedalam tong yang terpisah.Campuran argon dan oksigen ditiupkan melalui bawah tong melewati baja cair. Zat pembersih ditambahkan kedalam tong bersama dengan gas-gas ini untuk menghilangkan ketidakmurnian, sementara oksigen yang dikombinasikan dengan karbon didalam baja tersebut menurunkan kadar karbon. Keberadaan argon meningkatkan keterikatan karbon terhadap oksigen dan memfasilitasi penghilangan karbon.

AS/NZS :  (Australian/New Zealand Standard) 
Adalah standardisasi produk baja yang diproduksi dan digunakan di negara-negara Australian/New Zealand

ASTM : (American Society for Testing Materials) 
Adalah organisasi internasional sukarela yang mengembangkan standardisasi teknik untuk material, produk, sistem dan jasa. ASTM Internasional yang berpusat di Amerika Serikat.

AUSTENITIC
Kategori terbesar dari stainless steel dengan jumlah 70% dari seluruh produksi. Kelas austenitic mempunyai tahan karat paling tinggi dalam kelompok stainless, karena memiliki kandungan kron dan nikel tingkat tinggi. Austenitic stainless steel dikeraskan dan dikuatkan melalui cold-working (mengubah struktur dan bentuk baja dengan memberikan tekanan pada suhu rendah, daripada melalui heat treatment. Ductility (kemampuan untuk merubah bentuk tanpa retak) adalah pengecualian bagi austenitic stainless steel. kemampuan di las yang sangat baik dan kinerja unggul pada setiap layanan suhu rendah adalah fitur tambahan dalam kelas ini. Aplikasi ini meliputi peralatan masak, peralatan pengolahan makanan, arsitektur eksterior, peralatan untuk industri kimia, truk trailer, dan bak pencuci piring. 2 jenis grade yang paling umum digunakan adalah tipe 304 (stainless steel khusus yang paling luas digunakan, menyediakan tahanan karat pada layanan standar) dan tipe 316 (sama dengan tipe 304, dengan ditambah molybdenum, untuk meningkatkan opposition untuk bermacam-macam bentuk kerusakan).

------------------------------------------------------------------------------------------------

BAGHOUSE 
Alat yang digunakan untuk mengontrol polusi udara untuk menangkap partikel dengan menyaring aliran gas melalui kain dengan ukuran yang besar atau melalui kantong fiberglass.

BAKE HARDENABLE STEEL
Cold rolled, lembaran baja yang rendah carbon yang digunakan untuk aplikasi panel pada produk otomotif. Karena prosesnya yang khusus, baja akan memiliki hasil cetakan yang bagus dan memiliki karakteristik yang kuat, dan setelah cat oven, akan meningkatkan ketahanan terhadap lekukan.

BASE PLATE 
Plate dudukan yang dilas pada profile kolom dan sebagai joint kolom dengan pondasi yang diikat dengan anchor bolt. 

BAR TURNING
Proses perubahan logam batangan menjadi diameter yang lebih kecil.

BARS
Lembaran / gulungan produk baja dengan ukuran yang panjang dari bentuk billets. Merchant bar dan reinforcing bar (rebar) adalah dua jenis kategori dari bar, dimana merchant meliputi rounds, flats, angles, squares, dan channels yang digunakan oleh pabrik untuk membuat bermacam-macam produk seperti furniture, tangga, dan peralatan pertanian. Sedangkan Rebar digunakan untuk memperkuat jalan layang (highways), jembatan dan bangunan-bangunan.

BASIC OXYGEN FURNACE (BOF) 
Tungku pelebur besi yang berbentuk pear, yang dilapisi oleh refractory bricks, untuk melebur besi cair dari dapur/tungku pelebur besi dan besi tua menjadi baja. Sampai 30 % pengisian BOF berupa besi tua, sisanya adalah logam panas. 
BOFs, dapat melebur panas dari baja kurang dari 45 menit, menggantikan metode open-hearth furnace pada tahun 1950s; yang membutuhkan 5-6 jam untuk memproses logam. Kecepatan operasi BOFs, biaya yang rendah, dan kemudahan pengontrolannya memberikan keuntungan jika dibandingkan dengan metoda yang digunakan sebelumnya. Besi tua tersebut dimasukkan ke tong pelebur besi, diikuti oleh/( ditambahkan dengan) logam panas dari dapur pelebur besi. A lance is lowered from above, menggunakan aliran tekanan oxygen yang tinggi untuk menghasilkan reaksi kimia yang memisahkan ketidakmurnian bahan tersebut menjadi uap dan kerak ke dalam tempat yang terpisah.

BAY : Jarak longitudinal center to center kolom.

BEAM : Balok Horizontal Struktural

BENDING: Pelekukan metal menjadi bermacam-macam angles (siku).

BILL OF MATERIAL (BOM) 
Table total kebutuhan material actual yang akan digunakan pada suatu bangunan sebagai dasar pengadaan sampai pekerjaan pabrikasi yang sudah lengkap jumlah batang, panjang, berat per item, total berat dan surface area painting.

BILLET
Bentuk baja setengah jadi yang digunakan untuk produk – produk yang berukuran panjang : bars, channels, atau bentuk struktural lainnya. Billet berbeda dari slab karena ukuran dimensi luarnya; normalnya ukuran billet adalah 2 sampai 7 inchi persegi, sedangkan slabs lebarnya 30 sampai 80 inchi dan tebalnya 2 inchi sampai 10 inchi . Pada umumnya kedua bentuk tersebut continually cast, tapi keduanya mungkin sangat berbeda dalam susunan kimianya.

BLACK PLATE
Lembaran baja yang dikurangi ketebalannya dalam keadaan dingin, dengan lebar 12 inchi sampai 32 inchi, yang digunakan sebagai bahan yang dilapis pada pabrik kaleng

BLANKING
Tahap awal persiapan pembuatan baja flat-rolled yang digunakan oleh konsumen. Blank ini merupakan bagian dari lembaran baja yang memiliki dimensi luar yang sama dengan bagian-bagian tertentu (seperti pada pintu mobil, atap), tapi belum dicetak. Pemroses baja akan menawarkan blanking kepada pelanggan mereka untuk mengurangi biaya transportasi dan biaya kerja; kelebihan baja dapat dikurangi untuk kepentingan pengapalan.

BLAST FURNACE
Dapur pelebur besi yang berbentuk silinder yang dilapisi refractory bricks (bata tahan panas), yang digunakan oleh peleburan baja terpadu untuk mencairkan besi dari bijih besi. Nama blast diambil dari proses semburan udara dan uap panas ke bahan-bahan yang terdapat didalam tungku seperti bijih besi, coke, dan batu kapur.

BLIND RIVET : Semacam paku yang digunakan untuk mengikat sheeting pada purlin dan girt

BLOOM
Bentuk baja setengah jadi, dengan ukuran rectangular cross-section yang lebih dari 8 inchi. Bentuk potongan baja berukuran besar ini menghasilkan I-beam, H-beam, dan sheet pilling. Bloom juga merupakan bagian dari proses manufactur yang berkualitas tinggi: potongan bloom dengan cross-section yang kecil dapat meningkatkan kualitas dari logam.

BIRD SCREEN : Wire mesh yang digunakan untuk menjegah burung masuk dalam bangunan melalui jendela, ventilasi dll.

BRACKET 
Dudukan structural yang menempel pada kolom structural yang biasa untuk dudukan crane.

BRC (British Reinforced Concrete)
Umumnya dikenal dengan sebutan Pagar BRC yang terbuat dari besi beton dengan diameter 5mm sampai 8mm. BRC ditemukan oleh sebuah perusahaan konstruksi di Singapura.  

BREAKOUT
Kecelakaan yang disebabkan oleh kegagalan dari dinding tungku pelebur besi, sehingga menghasilkan besi cair atau kerak (atau keduanya) yang mengalir keluar dari tungku pelebur besi secara tidak terkontrol.

BA -BRIGHT ANNEALED (or 2R) Finish 
BA adalah tampilan permukaan stainless steel yang halus, cerah, mengkilap dan daya pantul menyerupai kaca (mirror) yang biasanya dihasilkan oleh cold rolling diikuti dengan anil dalam atmosfir pelindung untuk mencegah oksidasi dan penskalaan selama anil.

BRINELL HARDNESS (HB)
Tingkat kekerasan suatu material dalam bentuk daya tahan material terhadap bola baja (identor) yang ditekankan pada permukaan material uji tersebut (speciment). Metoda uji kekerasan ini diperkenalkan oleh Johan August Brinell pada tahun 1900. Dalam tes ini, sebuah bola baja berdiameter tertentu diletakkan di atas bahan yang sedang diuji, lalu dikenakan suatu beban.

BRIQUETTES  
Briket adalah bongkahan kecil yang dibentuk dari material gabungan yang ditekan. Bongkahan besi panas ini merupakan inti dari bijih besi yang menggantikan besi tua yang digunakan pada tungku elektrik.

BRUSHED FINISH 
Tampilan permukaan stainless steel halus dengan garis-garis, tidak begitu memantulkan cahaya, sesuai untuk produk yang pemakaiannya cukup kasar seperti alat-alat dapur restoran, alat pengolah makanan, aksesories kamar kecil. Sering juga disebut finish No.4

BS  (British Standards) 
Adalah standar yang dibuat oleh British Standards Institution. (BSI). Biasanya digunakan di negara-negara persemakmuran Inggris. Pada awalnya British Standard dibuat untuk mengatur nomor dan tipe penampang baja. Seiring berjalannya waktu, British Standard telah berkembang dan mencakup banyak bidang teknik.

BURR
Sisi yang sangat halus/tipis pada ujung baja yang dihasilkan dari proses pemotongan seperti slitting, trimming, shearing, atau blanking. Contoh , pemroses baja memotong tipis/halus sisi lembaran baja secara parallel atau memotong lembaran baja tersebut menjadi strips, dimana ujungnya akan dilekukan sesuai dengan arah potongannya. (see edge rolling).

BUSHELING
Bahan sisa yang terdiri dari potongan-potongan lembaran dan dicetak dari produksi logam. Kondisi ini muncul dari hasil pengumpulan bahan-bahan dalam keranjang bushel pada saat PD II.

BUILDING CODES  
Peraturan yang berlaku untuk pembuatan suatu desain bangunan yang menjabarkan standar beban, prosedur dan detail pemasangan struktur. Biasanya penggunaannya disesuaikan dengan lokasi area proyek.

BUILT UP SECTION 
Batang Struktural yang dibuat dengan cara mengelas material plate bersama-sama membentuk “I” , “H” Section atau bisa saja beam box.

BUTT – WELD PIPE
Pipa standar yang digunakan pada plumbing. Heated skelp dilewatkan secara terus-menerus dengan cara pengelasan, yang menghasilkan bentuk tabung dan bagian ujungnya dirapatkan secara bersamaan agar pengelasan tersebut sempurna (padat).

------------------------------------------------------------------------------------------------

CANOPY : Atap tambahan yang dibuat sebagai pelindung panas atau hujan.

CAP PLATE 
Plate penutup atas kolom atau plate yang digunakan pada end section untun menutupi area bukaan.

CLEAT  
Potongan plate atau siku yang digunakan untuk mengikat dua atau lebih batang secara bersamaan.

COLD FORMED
Batang profile yang dibuat dengan cara bending atau dengan cara menekan menggunakan roda yang umumnya diproduksi dari plate seperti C-Channcel dan Lip-Channel.

COLOUM 
Struktur utama yang digunakan pada posisi vertical pada bangunan yang berfungsi sebagai penahan beban vertical dari rafter/kuda-kuda ke pondasi.

COLUMN  
Struktur utama yang menahan beban vertical dari rafter ke pondasi. Biasa terbuat dari wf/h-beam.

CORNER COLUMN : Kolom pada sudut bangunan

CRANE 
Alat mecanical yang digunakan untuk memindahkan statu material dengan menggunakan hoist.

CRANE BRACKET 
Dudukan struktural yang di joint pada frame utama untuk dudukan Run Way Crane.

CRANE RAIL : Rel yang dilas diatas Run Way Crane untuk dudukan bergerak horizontal roda crane.

CROSS SECTION : Gambar as melintang Portal baja bangunan.

CSA  (Canadian Specialists Association) 
Adalah standardisasi produk baja yang diproduksi dan digunakan di negara Canada

C-SECTION : Profile C yang dibuat dari plate yang bending membentuk C.

CAPACITY
Kemampuan memproduksi logam dalam waktu tertentu. Ukuran kapasitas ini harus memenuhi persyaratan pemeliharaan, tapi karena beberapa layanan dijadwalkan agar sesuai dengan kebutuhan mesin , pabrik mungkin menjalankan lebih dari 100% kapasitas dalam 1bln kemudian turun dibawah nilai kapasitas, setelah pemeliharaan dilakukan.

CARBON STEEL
Baja yang sebagian besar terbuat dari carbon, yang menggunakan karbon untuk bangunan. Sebagian besar, baja yang dihasilkan di dunia ini adalah baja karbon.

CASING
Casing adalah struktur penguat untuk dinding sumur minyak dan gas, untuk mencegah terjadinya kontaminasi disekeliling permukaan air dan sumur itu sendiri. 

CASTING
Proses penuangan logam cair kedalam cetakan dalam keadaan dingin, sampai logam tersebut padat sesuai bentuk cetakannya.

CASTRIP
Proses penuangan baja cair secara langsung menjadi bentuk akhir dan ketebalan akhir tanpa proses penambahan hot rolling ataupun cold rolling. Hal ini akan mengurangi investasi yang besar, energi, dan biaya lingkungan.

CHARGE
Proses pengisian material kedalam tong. Contoh , bijih besi, coke, dan batu kapur dimasukkan kedalam dapur/tungku pelebur besi; BOF dimasukkan bersamaan dengan besi tua dan logam panas.

CHARPY IMPACT TEST
Uji impak Charpy adalah uji laju regangan tinggi terstandarisasi yang menentukan jumlah energi yang diserap oleh suatu material selama rekahan. Energi yang diserap adalah ukuran dari ketangguhan takik material. 

CHEMICAL COMPOSITION
Komposisi kimia dari suatu material mengacu pada identitas dan jumlah relatif unsur-unsur kimia yang membentuk material tersebut

CHROMIUM (CR)
Adalah elemen campuran yang sangat penting dari bahan dasar stainless steel untuk memberikan tahanan karat.

CLADDING
Suatu metode pelapisan stainless steel menggunakan baja karbon atau baja yang jumlah campurannya sedikit (contoh, baja dengan elemen campuran dibawah 5%). 
Untuk meningkatkan tahan karat dengan harga yang rendah dibandingkan penggunaan stainless steel yang lebih mahal. Dengan cara 1. pengelasan stainless steel pada permukaan baja karbon; 2.penuangan stainless steel cair ke sekeliling slab baja carbon yang padat pada sebuah cetakan; 3. menempatkan slab dari baja karbon diantara dua pelat stainless steel dan digiling dengan temperature yang tinggi pada plate mill.

COATING
Pengecatan adalah proses pelapisan baja dengan material lain (timah, chrome dan seng), terutama untuk tahan karat.

COILS
Lembaran logam yang digulung. Logam, dipipihkan, panjangnya lebih dari seperempat mil; coils adalah suatu cara yang paling efisien untuk menyimpan dan mengangkut lembaran baja.

COKE 
Bahan bakar padat yang terbuat dari pemanasan batubara tanpa udara. Dibutuhkan 1000 pounds coke untuk memproses 1 ton pig iron, dan lebih dari 50% energi yang digunakan untuk peleburan tersebut. Batubara membakar metal secara sporadis dan sisa pembakaran tersebut jadi melekat. Coke yang sudah diproses tersebut akan membakar dari dalam dan luar, dan tidak rusak karena beratnya bijih besi pada tungku pelebur besi.
Didalam ruang sempit oven coke, batubara dipanaskan tanpa oxygen selama 18 jam untuk mengeluarkan gas dan ketidakmurniannya.

COKE OVEN BATTERY
Rangkaian oven yang memproses batubara menjadi coke. Oven coke disusun dari 10 sampai 100 oven yang dibuat dengan ukuran tinggi 20 kaki, panjang 40 kaki, dan lebar kurang dari 2 kaki. Coke batteries, adalah tempat yang paling kotor di area peleburan baja, karena pengeluaran gas ketika coke dikeluarkan dari oven.

COLD REDUCTION
Proses akhir penggulungan coil dingin dari lembaran hot rolled untuk membuat baja menjadi lebih tipis, halus, dan lebih kuat dengan menggunakan tekanan bukan dengan panas.
Gulungan coil di dalam cold-reduction mills yang diletakkan secara berdekatan dan lembaran baja tersebut ditekan dari ketebalan seperempat hingga menjadi seperdelapan, sementara panjangnya menjadi lebih dari dua kali lipat.

COLD-ROLLED STRIP (SHEET)
Lembaran baja yang sudah dibersihkan dan sudah melewati cold-reduction mill. Produk akhir Strip memiliki lebar 12 inchi sementara sheet lebarnya lebih dari 80 inchi. Cold-rolled sheet biasanya lebih tipis dan lebih kuat daripada hot-rolled, sehingga bias dijual dengan harga yang lebih tinggi.

COLD WORKING (ROLLING)
Perubahan struktur dan bentuk baja yang didapat dan dihasilkan dari proses rolling, hammering, or stretching baja pada suhu rendah (biasanya pada suhu kamar). Untuk membuat peningkatan kekrasan dan kekuatan baja secara permanen.
Penerapan gaya tekan kepada baja menyebabkan perubahan komposisi yang memperbaiki/meningkatkan bagian-bagian tertentu. Supaya perbaikan tersebut bersifat tetap, suhu harus berada dibawah range tertentu karena perubahan structural akan hilang pada temperature tinggi.

CONSUMPTION
Pengukuran penggunaan logam oleh konsumen. Perkiraan penggunaan logam, tidak seperti gambaran permintaan baja, tapi dihitung dari perubahan persediaan.

CONTINUOUS CASTING 
Metoda penuangan baja secara langsung dari tungku menjadi billet, bloom, atau slab dari bentuk lelehan. Continous casting menghindarkan kebutuhan pabrik akan penambahan fasilitas yang mahal untuk merubah ingot menjadi slabs. Continous cast slabs juga padat dalam beberapa menit dibandingkan ingot yang membutuhkan waktu lama. Karena itu, komposisi kimia dan spesifikasi mekanisnya lebih seragam.

CONTRACT SALES
Produk logam disediakan kepada pelanggan dengan perjanjian harga selama 3 sampai 12 bulan. Stengah dari baja flat-rolled telah terjual pada saat tersebut, terutama karena perusahaan otomotif menandatangani perjanjian untuk menutup model setidaknya selama satu tahun. Peningkatan harga yang terjadi karena adanya pengumuman dari pabrikan tidak mempengaruhi penghasilan dari kontrak tersebut.

CONVERTION COST
Sumber daya digunakan untuk memproses material dalam satu tahapan, dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Konversi harga dari bijih besi menjadi logam panas atau bauksit menjadi alumunium bisa diisolasi untuk keperluan analisa.

CONVERTER / PROCESSOR
Proses baja menjadi tahap akhir, seperti pipa, tabung, dan cold-rolled strip, sebelum dijual ke end users. Baja pada umumnya tidak dijual pada saat kontrak, harga konversi tersebut lebih sensitive jika dibandingkan harga kontrak dari pabrikan ke perusahaan otomotif.

COREX 
adalah batubara yang berasal dari lelehan yang menghasilkan logam panas atau pig iron. Hasil keluarannya bisa digunakan oleh integrated mills atau EAF mills. Proses perubahan menjadi gas tanpa pemanasan batubara pada smelting reactor, yang juga menghasilkan besi cair. Batubara yang berupa gas dimasukkan kedalam lubang tungku, dimana dia akan menghilangkan oxygen dari bongkahan bijih besi, pellets, atau sinter ; besi yang telah berkurang tersebut dimasukkan kedalam smelting reactor.

CORROSION 
Kerusakan atau penurunan mutu logam yang diakibatkan oleh atmosfer, kelembaban, atau senyawa lainnya.

------------------------------------------------------------------------------------------------

DEAD LOAD : Beban sendiri suatu bangunan

DEBURRING 
Proses yang digunakan untuk menghaluskan bagian yang tajam, ujung-ujung yang bergerigi dari pemotongan baja.

DEEP DRAWING APPLICATION
Bagian-bagian / aplikasi yang membutuhkan gambaran yang lebih detail dari pabrikasi. Contoh kerangka motor, alat penahan, quarter panels dan panel pintu.

DESCALING
Adalah proses pembuangan sisik (scale) dari permukaan baja. Scale ini terbentuk pada saat baja panas dengan keadaan oxygen bersatu dengan besi. Metoda yang biasa digunakan adalah:
1). Scale di retakkan menggunakan gulungan kasar dan dibuang dengan penyemprot air bertekanan tinggi;
2). Menaruh garam atau pasir basah atau karung basah diatas baja sebelum menggulungnya.

DESULFURIZATION 
Adalah proses penyuntikan campuran bahan kimia kedalam satu wadah penuh logam panas untuk menghilangkan sulfurnya terlebih dulu untuk kemudian dimasukkan kedalam BOF. 
Sulfur masuk kedalam baja dari coke dalam tungku pada proses pelelehan, dan hanya sedikit yang dapat dilakukan oleh produsen baja untuk mengurangi keberadaan sulfur. Karena kelebihan sulfur didalam baja menghalangi karakteristik pengelasan dan pembentukan. Oleh karena itu pabrik harus melakukan langkah-langkah tersebut diatas pada proses pembuatan baja.

DIN : Deutsches Institut für Normung 
Adalah standardisasi produk baja di Jerman. DIN merupakan badan anggota ISO Jerman.

DYNABOLT - Lihat  ANCHOR BOLT

DIRECT REDUCED IRON (DRI)
Adalah bijih besi yang diproses yang mengandung kadar besi tinggi yang digunakan sebagai pengganti besi tua pada tungku pembuatan baja elektrik. Jika peleburan-peleburan mini-mill ini memperbanyak kemampuan untuk memproduksi lembaran baja, mereka membutuhkan besi tua dengan kualitas tinggi agar hasil produksinya setara dengan peleburan terpadu. Menerapkan mini-mills tanpa blast furnace, DRI dapat menghasilkan residu bahan baku yang rendah dan mengurangi ketergantungan mini mill terhadap besi tua yang lebih bersih dan lebih mahal.

DOUBLE CHANNEL  
Profile Channel yang dilas bersamaan menjadi satu componen balok yang tujuannya menambah kekuatan.

DOWNSPOUT : Talang vertikal yang meneruskan air ke tanah

DRILL PIPE
Pipa yang digunakan pada pengeboran sumur minyak atau gas. Pipa pengeboran adalah pipa saluran antara sumur bor dengan mata bor dibawahnya. Lumpur pengeboran di pompa kebawah melalui tengah pipa pada saat pengeboran untuk melumasi mata bor dan mengirim hasil pengeboran tersebut kepermukaan. Karena tegangan tinggi, torsi dan temperatur berpengaruh terhadap sumur pengeboran, maka pipa yang digunakan adalah seamless (tanpa sambungan).

DUCTILITY
Kemampuan baja untuk diubah bentuk secara permanen tanpa keretakan pada suhu kamar.

------------------------------------------------------------------------------------------------

EDGE ROLLING (EDGE CONDITIONING)
Menggulung potongan baja untuk menghaluskan ujung-ujungnya. Dengan menghilangkan bagian yang keras dari coil, ini lebih aman bagi pelanggan untuk memanipulasi.

ELECTRIC ARC FURNACE (EAF)
Tungku pembuatan baja dimana isinya pada umumnya 100% besi tua. Panas dialirkan dari listrik yang berasal dari elektroda granit ke metal bath. Furnace mungkin juga merupakan alternatif AC atau DC. Unit DC menghabiskan energy dan electrode lebih sedikit tapi cenderung lebih mahal.

ELECTRIC RESISTANCE WELDED (ERW) PIPE
Pipa yang dibuat dari potongan baja hot-rolled yang membentuk gulungan dan di las. Sementara pipa tanpa sambungan lebih kuat dan lebih mahal jika dibandingkan dengan pipa ERW, teknologi ERW meningkat dan secara teknik perhitungannya mendekati 48% dari OCTG shipment.

ELECTROLYTIC GALVANIZED
Cold rolled dan black plate yang dilapisi oleh seng is applied by electro deposition ; digunakan untuk aplikasi yang tahan karat dan pengecatan.

ELECTROLYTIC TIN COATED SHEETS (ETCS)
Lembaran cold-rolled yang dilapisi dengan timah oleh electro-deposition melalui proses asam atau alkalin.

ELECTROLYTIC TIN PLATE (ETP)
1 tipis, rendah karbon, baja yang sudah dilapisi dengan tin.
2 pelat hitam yang dilapisi dengan Tin Sn electron depositionto top

EN : European Standards adalah standardisasi produk baja yang diproduksi dan digunakan di negara-negara Eropa

ERECTION : Proses perakitan/pemasangan bangunan struktur baja di lapangan

ERECTION DRAWING : Gambar yang menjelaskan cara pemasangan lengkap dengan parking-marking componen.

------------------------------------------------------------------------------------------------

FABRICATION : Pengelasan material yang sudah pre-fabrikasi menjadi satu componen.

FASCIA 
Aksesoris bangunan yang ditempatkan pada sisi luar atap yang bertujuan menutup are bukaan sehingga menambah nilai arsitektural yang juga digunakan untuk menempelkan iklan.

FIXED BASE : Base plate kolom yang didesain untuk menahan gaya vertikal dan horizontal.

FLANGE : Penonjolan tepi pada suatu profile batang.

FLANGE BRACE : Siku pengikat purlin ke flange kolom atau rafter.

FRAMING  
Rangka struktural atau non struktural yang dibuat menjadi satu kesatuan untuk bersama-sama menahan suatu beban. Misal Framing bangunan baja yang terdiri dari Kolom, Rafter, Purlin, bracing.

FABRICATE
Memproses material sampai tahap jadi melalui proses machining, forming atau joining.

FABRICATOR
Penghasil produk / bahan baku yang siap diolah bukan penghasil logam utama. Contoh, fabricator rebar membeli rebar dan memproses material tersebut menjadi proyek konstruksi yang khusus.

FASTMET
Suatu proses perubahan bijih besi menjadi pellet besi yang mengkilat, yang dapat dimasukkan kedalam EAF dengan jumlah yang sama. Proses ini didesain untuk mem-by pass urutan proses coke-oven blast furnace untuk menghasilkan logam panas dari bijih besi. Ini juga merupakan salah satu metoda yang digunakan oleh mini-mill untuk mengurangi ketergantungan mereka kepada besi tua berkualitas tinggi.

FERRITIC
Kelompok terbesar kedua dari stainless steel, hampir 25% dari produk stainless steel. Ferritic stainless steel adalah baja krom datar (pelat) tanpa kandungan nikel yang berarti; kurangnya unsur nikel menghasilkan rendahnya tahan karat dibandingkan dengan austenitic (krom-nikel-stainless steel). ferritic sangat cocok digunakan untuk aplikasi yang umum pada kondisi tahan karat suhu tinggi daripada layanan yang membutuhkan kekuatan tinggi. Ferritic digunakan dalam system pembuangan otomotif dan trim otomotif + dengan arsitektur interior otomotif, dan tangki air panas. Dua diantara sekian banyak grade yang umum digunakan adalah tipe 430 ( tipe umum yang digunakan untuk berbagai aplikasi, termasuk dekoratif) dan tipe 409.

FERROALLOY
Produk logam yang biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan baja, untuk membantu berbagai macam tahapan proses pembuatan baja seperti deoksidasi, desulfurisasi, dan penambahan kekuatan. Contoh : ferrochrome, ferromanganese dan ferrosilicon.

FERROCHROME
Bahan campuran dari besi dan chromium dengan kandungan chromium yang mencapai 72%. Ferrochrome biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan stainless steel.

FERROUS
Logam dengan kandungan utamanya besi.

FINMET
Proses pengurangan partikel bijih besi dengan gas pada fluida-bed reactor dari ukuran besar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil lagi.

FINISH
Penampakan permukaan baja setelah akhir proses.

FINISH 1B (No. 1)
Tampilan permukaan stainless steel kasar, pudar (dull), sesuai untuk aplikasi industri dimana umumnya mengunakan plat tebal. Jika digerenda (grinding), akan kelihatan tanda (bekas) gerenda pada permukaannya.

FINISH 2B (No. 2B)
Tampilan permukaan stainless steel halus dengan warna silver, lebih terang/kilau dari 2D dan semi-reflective (seperti cermin yang buram). Tipe ini merupakan yang paling umum digunakan.

FINISH 2D (No. 2D)
Tampian permukaaan stainless steel sedikit kasar serupa dengan kulit jeruk, lebih unggul dari No.1 finish, sesuai untuk aplikasi industri.

FINISH No. 2BA - Lihat BA - BRIGHT ANNEALED (or 2R) Finish   

FINISHING FACILITIES
Bagian dari pabrik baja yang memproses baja setengah jadi (slab atau billets) menjadi bentuk lain yang dapat digunakan oleh bagian lain. Proses akhir ini meliputi rolling mills, pickle lines, tandem mills, annealing facilities, dan temper mills.

FINISHING STAND
Urutan terakhir dari rolling mill, yang menentukan akhir permukaan dan ukuran akhir.

FLAT-ROLLED STEEL
Kategori baja yang meliputi sheet, strip, dan pelat timah, dll. Dihasilkan dengan cara melewatkan ingot / slab diantara dua gulungan.

FLUX
Zat pembersih besi. Batu kapur dan kalsium oksida bereaksi dengan ketidakmurnian dalam bak metal untuk membentuk slag yang mengapung diatas besi cair yang lebih berat dan lebih murni.

FOB PRICING
Free On Board Pricing
Istilah yang menjelaskan bahwa biaya transportasi baja sudah termasuk atau belum. “FOB Mill” adalah harga baja dipabrik, tidak termasuk biaya pengapalan.

FREIGHT EQUALIZATION
Praktek industri yang biasa ketika menjual baja diluar daerahnya. Ini akan menyebabkan ekstra biaya pengapalan ( tergantung tingkat kompetisi) untuk ditawarkan kepada pelanggan dengan harga yang seimbang.

FORGING
Bagian logam yang dilakukan perencanaan bentuknya dengan satu atau lebih proses seperti proses pemartilan, penekanan atau penggulungan.

FORMING
Membengkokkan dan membentuk pelat / produk lembaran menjadi bentuk dan ukuran yang sesuai dengan spesifikasi pelanggan dengan press brakes.

FULL HARD COLD ROLLED
Baja profil canai panas yang dingin dikurangi sampai kepada ketebalan khusus dan tanpa proses selanjutnya. Produk ini sangat kaku; tidak dimaksudkan untuk flat work dimana proses deformasinya sangat minimal.

FULL HARD TEMPER
Baja profil canai dingin dihasilkan untuk kekerasan Rockwell 84 dan lebih tinggi pada skala 8.

------------------------------------------------------------------------------------------------

GB  (Guobiao Standards )
Adalah standar baja nasional Tiongkok yang dipublikasikan secara publik dan dikeluarkan oleh Administrasi Standardisasi Tiongkok, selaku Komite Nasional ISO dan IEC di Tiongkok.China

GUSSET PLATE  
Potongan plate yang menjadi koneksi beberapa batang profile yang fungsinya membantu mendistribusikan beban.

GUTTER 
Talang yang biasa terbuat dari plate tipis untuk menampung air hujan langsung dari atap dan diteruskan ke talang vertical atau disebut juga downspout.

GALFAN
Produk galvanis yang dilapisi dengan 95% seng, dan 5% alumunium dan campuran logam lain; menyediakan perlindungan ekstra terhadap karat dengan pelapis (coating) yang lebih ringan ; meningkatkan kemampuan dibentuk dibandingkan dengan pelapisan biasa.

GALVANEAL COATING
Pelapisan pada baja galvanisasi yang merubah pelapis menjadi campuran besi-seng ; penampakannya abu-abu terang, tidak mengkilat dan setelah persiapan yang sesuai, dapat dilakukan pengecatan.

GALVANIZED COATING
Pelapisan seng yang diterapkan pada baja hot-rolled atau baja cold-rolled untuk menghasilkan baja galvanis. Pelapisan ini dapat diterapkan dengan celup-panas atau proses electrodeposit.

GALVANIZED STEEL
Baja dilapisi dengan lapisan seng tipis untuk anti karat pada bagian lapisan bawah produk otomotif, kaleng sampah, tangki penyimpanan, atau fencing wire.

GALVALUME
Lembaran baja dengan lapisan yang unik yaitu terdiri dari 55% alumunium, dan 45% seng anti karat. Lapisan ini diterapkan pada proses celup-panas yang terjadi secara terus menerus, yang dapat meningkatkan baja yang tahan terhadap cuaca. Galvalume merupakan merek dagang dari BHP steel, dan produknya terkenal di metal building market.

GAUGE
Ketebalan lembaran baja. Baja yang berkualitas baik memiliki ketebalan yang tetap untuk mencegah terjadinya weak spots atau deformation.

------------------------------------------------------------------------------------------------

HAFNIUM
Adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Hf dan nomor atom 72. Logam transisi ini biasanya diperoleh sebagai produk sampingan dari proses produksi zirconium dengan tahanan karat yang sangat bagus dan karakteristik mekanis yang bagus. Ini ditambahkan ke campuran khusus untuk digunakan pada bagian mesin jet dan sebagai rod pengontrol pada reactor nuklir.

HAIRLINE (HL) Finish
Tampilan permukaan stainless steel halus dengan garis-garis, mirip dengan BRUSHED FINISH (No.4) tapi memiliki garis yang lebih panjang (continuous long grain), sering digunakan pada lift/ elevator, panel tiang, dekorasi arsitektur. SS-304 HL cocok untuk alat-alat dapur (kitchen ware), peralatan medis.

HARDENING 
(Pengerasan) adalah usaha untuk meningkatkan sifat material terutama kekerasan dengan cara celup cepat (quenching) material yang sudah dipanaskan ke dalam suatu media quenching berupa air, air garam, maupun oli. Pengerasan dapat dicapai dengan berbagai metode, meliputi:
1) heat treatment, dimana karakteristik dari baja diubah-ubah dari serangkaian perlakuan perubahan suhu.
2) Cold working, yang mengubah struktur dan bentuk baja yang diperoleh melalui penggulungan, pemartilan, atau peregangan baja pada suhu relative rendah.

HARDNESS
(Kekerasan) adalah salah satu sifat mekanik (Mechanical properties) dari suatu material baja. Didefinisikan tergantung metode pengukurannya
1. ketahanan terhadap lekukan
2. kekakuan/elastisitas dari produk-produk tempa
3. karakteristik kemampuan mesin

H-BEAM : Profile berbentuk H yang jika dipotong melintang dimana tinggi dan lebar nya sama.

HEAT TREATMENT
(Perlakuan panas) adalah suatu proses mengubah sifat logam dengan cara mengubah struktur mikro melalui proses pemanasan dan pengaturan kecepatan pendinginan dengan atau tanpa merubah komposisi kimia logam yang bersangkutan. Tujuan proses perlakuan panas untuk menghasilkan sifat-sifat logam yang diinginkan. Perubahan sifat logam akibat proses perlakuan panas dapat mencakup keseluruhan bagian dari logam atau sebagian dari logam.

HEAVY STRUCTURAL SHAPES
Penjelasan umum tentang rolled flange section yang memiliki setidaknya satu ukuran cross section dengan panjang 3 inchi atau lebih. Kategori ini meliputi beams, channels, tees dan zees jika ukuran kedalamannya 3 inchi atau lebih, dan angles jika panjang kakinya 3 inchi atau lebih.

HIGH – CARBON STEEL
Baja dengan kandungan karbon lebih dari 0.3%. Semakin banyak karbon yang dilarutkan dalam besi, maka baja lebih sulit dibentuk dan lebih kokoh derajat keras baja karbon membuatnya lebih cocok untuk mata bajak, sekop, per kasur, sisi pemotong, atau aplikasi lainnya.

HIGH STRENGTH BOLT
Baut mutu tinggi yang memiliki tensile strength > 690 Mpa. Beberapa contoh Bolt Gr. 8.8, F10T, Bolt ASTM A-325, A-354, A-449, A-490, dalin- yang biasa digunakan untuk mengikat komponen structural seperti komponen kolom dengan rafter.

HIGH STRENGTH LOW ALLOY (HSLA)
Kelompok khusus dari baja yang mempunyai kekuatan lebih tinggi, dan pada beberapa kasus ketahanan tambahan terhadap karat atau kemampuan dibentuk yang lebih meningkat dapat dihasilkan dengan menambahkan unsure campuran logam seperti columbium, vanadium, titanium, yang digunakan tersendiri atau dikombinasi.

HOME SCRAP
Baja sisa dari hasil pabrikasi, melalui proses perampingan dan dibuang. Normalnya scrap ini dimasukan lagi kedalam tungku.

HOT BAND (HOT – ROLLED STEEL)
Coil digulung pada hot-strip mill (hot-rolled stee). Bentuk ini dapat dijual ke pelanggan atau diproses selanjutnya menjadi produk akhir lainnya.

HOT BRIQUETTED IRON (HBI)
DRI yang telah diproses menjadi briquettes. Daripada menggunakan tungku pelebur, oksigen dihilangkan dari bijih dengan menggunakan gas alam dan menghasilkan kandungan besi 90% – 92%. Karena DRI secara bersamaan dibakar pada saat pengangkutan, HBI lebih disukai ketika bahan-bahan metalik harus disimpan atau dipindahkan.

HOT DIPPED GALVANIZED
(Galvanisasi Celup Panas) adalah bentuk galvanisasi berupa proses pelapisan besi dan baja dengan seng, yang mana paduan dengan permukaan logam dasar ketika merendam logam dalam bak seng cair pada suhu sekitar 449 °C

HOT END
Bagian dari kawasan pabrik pembuatan baja dari mulai tungku peleburan sampai ke bagian hot-strip mill (tapi tidak termasuk hot-strip mill).

HOT METAL
Nama untuk lelehan besi yang dihasilkan dari tungku pelebur besi. Yang berjalan ke BOF dalam bentuk lelehan atau dalam cast sebagai pig iron.

HOT MILL
Pabrik penggilingan yang mengurangi hot slab menjadi coil dengan ketebalan khusus; pemrosesan ini dilakukan pada suhu yang relative tinggi (ketika baja masih “bara / berwarna merah”)

HOT ROLL
Produk yang dijual dalam kondisi baru keluar dari hot mill tanpa tahapan pengurangan atau proses lanjutan, dengan mengesampingkan proses pickling dan pelaburan minyak (oiling). (jika disebutkan).

HOT ROLLED 
Profile yang dibuat dengan cara di rol dalam kondisi masih panas. Missal Beam Blank yang dipanaskan dan di rol menjadi WF atau H-Beam.

HOUNCH : Pertemuan kolom dan rafter

H-SECTION: Lihat penjelasan H-Beam

HYL I, HYL III
Proses untuk menghasilkan DRI dan HBI yang dikembangkan oleh hylsa. Proses ini mengurangi iron ore lump atau pellet dengan pembentukan kembali gas alam pada vertical shaft furnace. Proses HYL III menggunakan single-shaft furnace.

HYDRATE
Alumunium oksida dengan tiga molekul kimia yang dicampur dengan air.

HYDROFORMING
Proses pembentukan dimana tabung diletakkan didalam forming die.

------------------------------------------------------------------------------------------------

I-BEAM
Profil baja yang melengkung pada bagian flangesnya dan ukurannya tidak sepanjang lebar flanges beam. Flanges tersebut lebih tebal dibandingkan dengan bagian cross section dan lebih tipis pada bagian ujungnya. Profil ini diproduksi dengan ketebalan 3 sampai 24 inchi.

INGOT
Bentuk logam setengah jadi. Logam cair dituang kedalam cetakan, dan menjadi padat secara perlahan. Pada saat logam itu padat, cetakan dilepas, dan 25-30 ton ingots siap untuk diproses selanjutnya.

INMETCO
Adalah proses berbasis batubara mirip dengan FASTMET yang menggunakan partikel besi oksida dan batubara yang dihancurkan untuk menghasilkan pengganti besi tua. Sisik dan debu, produk sampingan yang murah dari pembuatan baja, dapat dicampur dengan partikel besi oksida. Inmetco, tidak seperti produk lain yang direduksi langsung, dimaksudkan sebagai bahan baku panas EAF, supaya hemat energi. 
Proses ini meliputi 3 tahap.Pertama, partikel besi oksida,batubara yang dihancurkan dan zat-zat pengikat diubah menjadi pellet. Kedua ,pellet, 2 sampai 3 lapisan kedalam,dipanaskan pada hearth furnace api gas berputar selama 15-20 menit untuk menghasilkan besi spons. Setelah itu, besi harus didesulfurisasi. Batubara dalam bentuk pellet menyediakan banyak energi yang dibutuhkan pada fase kedua.

INSULATION : Material yang digunakan untuk mengurangi hantaran panas matahari.

INTEGRATED MILLS
Fasilitas ini memproduksi baja melalui pengolahan bijih besi dan bahan baku lainnya kedalam tungku pelebur. Secara teknik, hanya hot-end yang membedakan integrated mill dari mini-mills. Bagaimanapun juga, perbedaan pendekatan teknologi peleburan baja, mengakibatkan perbedaan tingkat efisiensi dan oleh karena itu, pisahkan gaya manajemen, hubungan tenaga kerja, dan pasar produk. Hamper semua integrated mill local spesialisasinya adalah flat-rolled steel dan pelat.

IRON CARBIDE
Salah satu pengganti besi tua yang berkualitas tinggi dan rendah residu yang digunakan untuk pembuatan baja dengan tungku elektrik. Penghasil Iron carbide menggunakan gas alam untuk mengubah bijih besi menjadi besi karbida.

IRON ORE
Mineral dengan kandungan besi yang cukup utnuk dijadikan sumber daya komersil pada pembuatan baja. Kecuali untuk pecahan meteor yang ada dibumi, besi bukan unsur bebas; bahkan, terkurung dalam bumi dalam bentuk teroksidasi.

ISO : International Standardization Organization adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap negara. Dikarenakan singkatan dari masing-masing bahasa berbeda maka para pendirinya menggunakan singkatan ISO, yang berarti sama.

------------------------------------------------------------------------------------------------

JACK BEAM 
Struktural member yang berguna sebagai dudukan beam, rafter yang secara langsung tidak didukung oleh kolom dibawah nya.

JIS Japanese Industrial Standard
Merupakan standar baku dan aturan yang digunakan untuk setiap kegiatan beragam jenis bidang industri Jepang. Proses standardisasi tersebut diurus oleh Komite Standar Industri Jepang dan diterbitkan melalui Asosiasi Standar Jepang.

------------------------------------------------------------------------------------------------

LADLE 4
Suatu wadah yang dilapisi oleh refractory bricks, digunakan untuk mengangkut lelehan baja dari satu proses ke proses lainnya pada pabrik baja.

LADLE METALLURGY FURNACE (LMF)
Unit pengolahan baja lanjutan yang melebur bahan kimia dan suhu lelehan baja pada saat masih didalam ladle. Tahap metalurgi ladle dilakukan setelah baja dilelehkan dan dilebur di EAF atau di BOF, tapi sebelum baja dikirim ke continuous caster.

LANCE 4
Tabung metal panjang dimana oksigen ditiupkan kedalam tong BOS dibawah tekanan tinggi.

LEAD TIME
Waktu pengiriman barang-barang dari lokasi awal sampai ke tempat tujuan melalui jalur khusus. Juga merupakan waktu untuk menghasilkan permintaan pelanggan dari tempat pemesanan sampai ke pengapalan.

LEGACY COSTS
Berbagai biaya yang berhubungan dengan operasional. Hak pekerja (pensiun dan jaminan kesehatan) dan biaya kebersihan lingkungan biasanya sudah termasuk didalamnya.

LIGHT-GAUGE STEEL
Lembaran baja yang sangat tipis yang telah digulung atau melalui proses cold-reduction mill. Biasanya dilapisi oleh timah atau chrome untuk penggunaan wadah makanan.

LINE PIPE
Jaringan pipa yang digunakan diatas permukaan untuk menyalurkan minyak, gas alam dan benda cair lainnya.

LONDON METAL EXCHANGE (LME)
Pusat perdagangan logam di dunia barat. LME juga menentukan harga logam untuk perdagangan alumunium untuk pengiriman sekarang dan waktu yang akan datang.

LONG PRODUCTS
Klasifikasi dari produk-produk baja meliputi bar, rod dan profile yang lebih tepat disebut panjang daripada datar.

LOW-CARBON STEEL
Baja karbon rendah merupakan baja dengan kandungan utama besi dan karbon dengan komposisi karbon dibawah 0,3%

------------------------------------------------------------------------------------------------

MACHINING
Mengacu kepada berbagai proses lempengan logam untuk menghasilkan komponen yang sesuai spesifikasi pelanggan.

MAGNESIUM
Ringan, berwarna perak, elemen logam keras yang biasa digunakan pada pemrosesan logam dan kimia, dan campuran alumunium untuk menambahkan komposisi metalurgi yang diinginkan.

MARINE PLATE 
(Plate Kapal) Ukuran pelat yang jauh lebih besar dari pela<b>t</b> besi juga memudahkan proses pembuatan kapal. Meski begitu, plat kapal juga sering digunakan dalam industri minyak dan gas untuk bahan tangki maupun tabung

MARTENSITIC
Kelompok kecil dari karakteristik stainless steel yang menggunakan perlakuan panas untuk mengeraskan dan menguatkan. Martensitic stainless steel adalah baja krom datar dengan kandungan nikel yang penting. Digunakan pada peralatan untuk industri kimia dan minyak, dan untuk alat-alat bedah. Martensitic stainless steel yang paling terkenal adalah tipe 410.

MERCHANT BAR
Sekelompok baja komoditas yang terdiri dari rounds, squares, flats, strips, angles, dan channels, dimana fabricator, steel service center, dan manufacture memotong, membengkokannya, dan membentuknya menjadi sebuah produk. Produk merchant membutuhkan lebih banyak proses khusus dibandingkan rebar.

MIRROR FINISH
Tampilan permukaan stainless steel memiliki daya kilap dengan tingkat pantulan cahaya yang tinggi, permukaan yang sempurna (bebas cacat) dan tampilan seperti cermin.

MODULUS YOUNG
Modulus Elastisitas adalah ukuran kekakuan suatu material. Semakin besar harga modulus ini maka semakin kecil regangan elastisitas yang terjadi, atau semakin kaku material tersebut.

MOLD STEEL ALLOY 
Adalah baja yang diperuntukkan untuk mengerjaan pekerjaan molding/pengecoran.

MOLIBDENUM
Adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Mo dan nomor atom 42. Namanya diambil dari Neo-Latin molybdaenum. Unsur ini merupakan campuran yang digunakan sebagai bahan dasar untuk beberapa jenis stainless steel. keberadaan molibdenum dapat meningkatkan tahan karat dari stainless steel.

MONTH OF INVENTORY
Perbandingan inventoris pada akhir periode terhadap rata-rata penjualan perbulan dalam periode tersebut.

MULTY SPAN BUILDING : Bangunan yang terdiri dari lebih dari satu span lebar melintang.

------------------------------------------------------------------------------------------------

NICKEL (NI)
Adalah unsur kimia metalik dalam tabel periodik, memiliki simbol Ni dan nomor atom 28. Nikel mempunyai sifat tahan karat. Dalam keadaan murni, nikel bersifat lembek, tetapi jika dipadukan dengan besi, krom, dan logam lainnya, dapat membentuk baja tahan karat yang keras.

NICKEL-BASED SUPERALLOYS
Campuran logam berbasis nikel dikembangkan untuk keperluan layanan suhu sangat tinggi dimana secara relatif menahan tekanan tinggi dan dimana sering kali diperlukan stabilitas permukaan yang tinggi.

NICKEL PIG IRON (NPI) 
Merupakan feronikel berkadar rendah. Latar belakang diproduksinya NPI adalah sebagai alternatif pengganti feronikel sebagai bahan baku dalam pembuatan baja tahan karat (stainless steel). Produksi NPI diprakarsai oleh Tiongkok sejak 2005. NPI berbentuk batangan yang tidak merata (uneven ingot shape).

NON FERROUS ALLOY
(Paduan non-besi) umumnya memiliki komposisi besi kurang dari satu persen yang diukur dalam berat. Hampir semua paduan logam memiliki sedikit jejak besi, atau jumlah besi yang tidak signifikan dalam komposisinya. Ini tidak membuat mereka menjadi paduan besi.

NON FERROUS METAL : Logam non-besi Lihat NON FERROUS ALLOY 

NORMALIZING 
Adalah proses perlakuan panas dimana proses pemanasan mencapai temperatur austenisasi, kemudian didinginkan perlahan dengan menggunakan media pendingin udara. Tujuan normalizing antara lain untuk memperbaiki sifat mampu mesin, memperhalus butir dan lain sebagainya.

NO.1 HEAVY MELT
Kualitas besi tua, setidaknya dengan ketebalan seperempat inchi dan panjangnya tidak lebih besar dari 5 kaki kali 2 kaki. Banyak logam yang berasal dari bangunan-bangunan yang dihancurkan, kerangka truk dan per baja. Mini-mills adalah konsumen utama besia tua berkualitas no.1.

------------------------------------------------------------------------------------------------

OIL COUNTRY TUBULAR GOODS (OCTG)
Label yang diterapkan pada produk pipa yang digunakan oleh pelanggan yang bergerak dalam bidang pengeksplorasian minyak bumi. OCTG meliputi casing, pipa pengeboran, dan tabung sumur minyak , yang tergantung pada penggunaannya, biasanya menggunakan pipa welded atau pipa seamless.

OIL HARDENING STEEL : Adalah baja dengan proses hardening menggunakan media pendingin minyak.

OPERATING RATES
Perbandingan produksi baja terhadap kapasitas terpasang di pabrik. Setiap desember, perusahaan baja melaporkan kepada AISI tentang perkiraan kapasitas untuk tahun selanjutnya (jika mereka dapat menjual semua baja yang diproduksi), disesuaikan dengan keadaan pada saat tidak berproduksi.

OPEN HEARTH FURNACE
Suatu proses, dari dasar / bagian bawah tungku yang dangkal untuk melebur pig iron dan besi tua menjadi baja. Supply panas dari bara yang menyala diatas permukaan dan peleburan memakan waktu 7 sampai 9 jam. Open hearth, pernah menjadi tungku yang paling banyak digunakan untuk proses pembuatan baja oleh perusahaan-perusahaan, sebelum digantikan oleh BOF.

ORDER RATE
Perbandingan antara jumlah permintaan dengan kapasitas pabrik utnuk memproduksi baja yang memenuhi permintaan. Banyak pengamat melihat trend di dalam order rate sebagai tanda tingkat produksi yang akan datang.

OSCILLATING
Suatu metode utnuk membuat gulungan bergelombang. Pelanggan menginginkan lebih sebanyak mungkin baja dalam bentuk coil masuk kedalam mesin, sehingga mereka bias menghemat waktu utnuk memindahkan material dan lebih banyak waktu utnuk memprosesnya. Dengan menggulung strip, maka strip yang lebih panjang bias disesuaikan dengan diameter coilnya. Dengan oscilate-wound coil ini, pelanggan dapat menggunakan waktunya lebih lama untuk prosesnya.

------------------------------------------------------------------------------------------------

PELLETS 
Partikel bijih besi yang dicampur dengan bonding clay dan dibakar menjadi bola-bola kecil dan keras untuk dimasukkan ke dalam tungku pelebur.

PICKLING
Adalah proses membersihkan coil baja dari karat, kotor dan minyak agar pekerjaan selanjutnya bisa dilakukan. Dilakukan melalui proses yang sinambung, baja uncoiled dan dikirim melalui a series of hydrochloric acid baths yang menghilangkan oksida (karat). Lembaran baja ini kemudian dicuci dan dikeringkan.

PIG IRON
(Besi wantah) adalah lelehan besi yang dihasilkan dari peleburan bijih besi dengan bahan bakar karbon tinggi dan reduktor seperti kokas, biasanya ditambahkan dengan batu kapur sebagai fluks. Arang dan antrasit juga digunakan sebagai bahan bakar dan reduktor.
Dinamakan pig iron karena pada jaman dahulu, lelehan besi ini dituang melalui saluran bawah ke sebuah lubang, proses ini seperti kelahiran anak babi yang sedang menyusui. Central channelnya diumpamakan sebagai induknya, dan cetakan tersebut diumpamakan sebagai anak babinya.

PILLING 
Profil baja dengan sisi-sisi yang saling berkaitan, digunakan sebagai penahan / turap pada bendungan.

PIER 
Struktur Beton seperti pondasi yang didesain untuk meneruskan beban vertikal dari kolom ke pijakan/footing.

PIER HEAD
Adalah dudukan gelagar kotak (box girder) serta berfungsi sebagai penyalur beban lalu lintas dan box girder ke pier

PIPE
Secara teknik tabung digunakan untuk mengangkut zat cair atau gas. Bagaimanapun pipa dan tabung sering dipertukarkan pada steel lexicon, dengan

PLATE
Lembaran baja dengan lebar lebih dari 8 inchi, dengan range ketebalan dari seperempat inchi sampai lebih dari 1 kaki.

PORTAL FRAME 
Kolom dan balok bracing yang digunakan sebagai pengganti kawat bracing diagonal untuk menjadi ruang yang bebas.

PRECIPITATION HARDENING 
Adalah proses pengerasan paduan logam dengan menyebarkan partikel-partikel halus secara merata dengan proses penuaan (aging) yang sebelumnya telah mengalami proses pelarutan (solution treatment) dan pencelupan cepat (quenching)

PRE-FABRICATE 
Proses pemotongan dan pelubangan terlebih dahulu untuk mempercepat pekerjaan pabrikasi.

PREMARY FRAMING 
Rangka utama yang menahan beban utama. Biasanya terdiri dari kolom rafter dan bisa saja terdapat balok.

PRIMER PAINT 
Istilah pengecatan lapis pertama yang diaplikasikan di pabrik untuk menghindari karat atau kotoran selama pengiriman atau pemasangan.

PURLIN 
Frame nonstruktural yang di baut pada cleat diatas rafter untuk dudukan sheeting atap. Biasa terbuat dari Lhip-Channel, CNP atau Z-Section.

------------------------------------------------------------------------------------------------

QUALIFICATION TRIALS
Pengetesan yang dilakukan pada proses baru yang menghasilkan baja bermutu yang lebih akurat pada penggunaan akhir. Proses ini dilakukan untuk menghasilkan produk yang layak, setiap baja yang diproses harus melalui pengetesan terlebih dahulu.

Q-BOP
BOF yang pemasukan oksigen dan gas lainnya melalui bagian bawah tungku bukan dari atas. Pada saat Q-BOP melakukan pengadukan dengan kuat agar prosesnya menjadi lebih cepat secara esensi mutu baja yang dihasilkan sama dengan proses yang menggunakan peniupan oksigen dan gas lain dari bagian atas pada tungku BOF. Desain tungku saat ini menggabungkan teknologi sebelumnya; 60% oksigen dimasukkan dari atas, sisanya dari bawah tong.

QUENCH HARDENING
Proses pengerasan campuran besi dengan komposisi yang sesuai melalui pemanasan dibawah atau diatas transformation range dan pendinginan yang cukup untuk meningkatkan kekerasan. Proses ini biasanya melibatkan formasi dari karbon padat yang keras dan getas dalam besi yang menjadi komponen utama penguat baja.

QUENCHING 
Adalah proses perlakuan panas dimana baja dipanaskan pada suhu di atas daerah kritis dan dicelupkan pada media pendingin untuk meningkatkan kekeraskan dan ketahanan terhadap aus.

------------------------------------------------------------------------------------------------

RAFTER : balok kuda-kuda sebagai balok struktural yang ditopang oleh kolom

REDUCING AGENT
Salah satu gas alam atau batubara dapat digunakan untuk menghilangkan oksigen dari bijih besi untuk menghasilkan pengganti besi tua. Dalam proses yang berbasis gas, bijih besi dipanaskan didalam tong dan gas alam tersebut dilewatkan kedalamnya. Pada proses yang berbasis batubara, bijih besi dicampur dengan gas atau ground coal dan dipanaskan. Oksigen pada bijih tersebut dicampur dengan karbon dan hydrogen pada gas atau batubara, producing reduce, or metallic, besi.

REFLECTIVE FINISH
Tampilan permukaan stainless steel dengan tingkat pantulan cahaya cukup tinggi. Disebut juga finish No.7

REFRACTORY BRICK
Batu bata yang tahan panas. Karena titik lelehnya diatas suhu operasi, refractory brick ini lebih sering kontak dengan lelehan logam, dengan dinding tungku, sisi dari ladles, dan bagian dalam dari BOF.

REINFORCING BAR (REBAR)
Komoditi baja bermutu yang digunakan untuk menguatkan konstruksi jalan layang dan bangunan.

RESIDUALS
Ketidakmurnian pada baja mini-mill sebagai hasil dari pencampuran logam pada proses pemisahan besi tua. Residual adalah kunci dari mini-mill untuk masuk ke pasar flat-rolled, dimana residu yang tinggi dapat menyebabkan lembaran baja mudah pecah.

RIDGE : Sudut puncak bangunan

RIGID FRAME : Frame struktural yang terdiri dari gabungan balok-balok yang di joint dengan sistem sambungan kaku tampa bracing.

RIVERSING MILL
The stand of rolls yang digunakan untuk mengurangi lembaran baja atau pelat dengan cara melewatkan the steel back dan forth diantara rolls ; celah antara roll di kurangi setelah masing-masing lewat.

ROD
Baja setengah jadi yang berukuran panjang dan bulat yang digulung dari billets dan coiled untuk proses selanjutnya. Rod biasanya dibuat menjadi kawat atau digunakan untuk membuat baut dan paku. Mesin rod bisa dijalankan dengan kecepatan 20.000 kaki permenit – lebih dari 200 mil per jam.

ROOF SLOPE : Sudut kemiringan atap

------------------------------------------------------------------------------------------------

SAWING
Pemotongan logam sesuai spesifikasi panjang, bentuk ataupun ukuran, yang diinginkan oleh pelanggan.

SCALE
Besi oksida yang terbentuk diatas permukaan baja setelah proses pemanasan.

SCRAP FERROUS
Bahan ferrous (berisi besi) yang umumnya dilebur dan di cor kembali menjadi baja baru. Pabrik baja terpadu menggunakan besi tua sampai 25% dari pengisian BOFnya ; 100% bahan baku dari mini-mills untuk tungku listrik mereka, umumnya menggunakan besi tua.

SCRAP SUBSTITUTE
Bahan baku yang dapat menggantikan besi tua yang dimasukkan kedalam EAF dan BOF. Pengganti besi tua ini meliputi DRI, BHI, besi oksida dan pig iron.

SCRUBBER
Alat pengukur polusi udara yang mengurangi suhu emisi – penyemprot cairan yang digunakan untuk menghilangkan pollutant dari aliran gas dengan cara penyerapan atau reaksi kimia.

SEAMLESS PIPE
Pipa yang dibuat dari billet padat, yang dipanaskan dan diputar dibawah tekanan tinggi. Tekanan memutar ini membuat bukaan pada bagian tengah dari billet, yang membentuk pipa dengan menggunakan mandrel.

SEMI-FINISHED STEEL
Bentuk baja contohnya blooms, billets, atau slabs yang kemudian digulung menjadi produk jadi seperti beams, bars atau sheet.

SENDZIMIR MILL (Z-MILL)
Adalah menekan penggunaan rolling-cold coils dari stainless steel untuk membuat baja menjadi lebih tipis, lebih halus dan lebih kuat. Untuk mengontrol ketebalan dari baja menjadi lebih baik pada biaya modal terendah dan menggulung sheet dan trips menjadi lebih tipis. Lembaran stainless steel atau strip dilewatkan diantara sepasang penggiling yang seragam dengan permukaan yang sangat halus.

SHEARING
Jika sisi-sisi dari lembaran baja dan strip tidak terkendali pada saat reduksi, harus dirampingkan secara parallel dengan menggunakan pemotong (shears). Proses ini mungkin dilakukan oleh salah satu pabrik baja atau produsen baja untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

SHEET STEEL
Lembaran baja tipis. Lembaran baja jumlahnya mendekati dari seluruh baja yang dikirim secara local dan dibuat didalam hot-strip mill dengan menggulung / menipiskan slab flat sementara ukuran sisinya dipertahankan. Baja lunak diperpanjang menjadi ratusan kaki saat digulung. Perbedaan yang paling umum diantara bars, strip, pelat dan sheet adalah ukuran fisik, lebar dan ketebalannya.

SHEET PILLING - Lihat PILLING

SILICON ELECTRICAL STEEL
Tipe baja dengan pembuatan khusus yaitu dengan menambahkan silicon pada saat proses pembuatan baja. Baja elektrik menunjukkan karakteristik magnetik yang membuatnya optimal digunakan pada transformator, power generators, dan motor listrik.

SKELP
Baja yang merupakan bahan baku untuk pabrik pipa. Skelp disamakan dengan hot-rolled strip, tapi bagian-bagiannya mampu menahan pembentukan dan pengelasan sesuai yang dibutuhkan pada produksi pipa.

SKIN MILLING
Menghaluskan bagian atas dan / atau bagian bawah dari pelat alumunium lebar mendekati nilai toleransi.

SLAB
Adalah baja setengah jadi, dimana proses pembuatan melalui proses peleburan bahan baku dengan metode Electric Arc Furnace (EAF) atau Basic Oxygen Furnace (BOF). Proses pembuatan slab baja dengan metode EAF dilakukan dengan cara melebur scrap baja, besi briket (hot briquetted iron), dan besi wantah (pig iron) menjadi baja cair dalam dapur busur listrik (electric arc furnace). Baja cair tersebut kemudian dimurnikan di ladle furnace sebelum dicetak menjadi slab yang digunakan sebagai bahan baku proses pembuatan pelat dan gulungan baja canai panas. Selanjutnya, slab baja diproses di pabrik baja canai panas (hot rolling mill) yang terdiri dari dua lini, yaitu pabrik baja lembaran (Plate Mill) dan pabrik baja gulungan (Steckel Mill).

SLAG
Ketidakmurnian pada tempat lelehan besi cair. Flux seperti batu kapur kemungkinan ditambahkan untuk membentuk kumpulan elemen-elemen yang tidak diinginkan menjadi slag. Karena slag lebih ringan daripada besi, slag akan mengapung pada tempat pelelehan logam, dimana slag dapat diangkat.

SLITTING
Memotong lembaran baja menjadi strip yang lebih sempit agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Karena pabrik baja memiliki fleksibilitas yang terbatas terhadap lebar baja yang mereka produksi, service center normalnya akan memotong lembaran baja untuk pelanggan.

SPANGLE
Penyelesaian dicapai ketika zinc dapat membeku secara alami pada lembaran galvanis. Dicapai dengan menambahkan Sb kedalam kolam celup panas.

STATISICAL PROCESS CONTROL (SPC)
Suatu teknik yang digunakan untuk memprediksi ketika mutu dari fungsi-fungsi pembuatan baja rusak. Pengawasan variasi produk dengan ketat mulai dari spesifikasi, operator dapat menentukan kapan dilakukan tindakan pencegahan terhadap mesin sebelum baja qualitas rendah diproduksi.

STECKEL MILL
Pembalikan proses pada steel sheet reduction mill dengan kotak pemanas coil di setiap akhir. Sheet steel atau plate dikirim melalui gulungan reversing mill pada bagian akhir dan dipanaskan kembali dalam coil box dan mengirim balik melalui steckel stands dan di coil kembali. Dengan pemanasan kembali setiap lewat, gulungan dapat menekan baja lebih tipis setiap kali dilewatkan dan memberikan permukaan akhir yang lebih baik.

STEEL-INTENSIVE PRODUCTS
Produk konsumtif seperti mobil dan peralatan, memperlihatkan korelasi permintaan yang tinggi terhadap baja.

STEEL SERVICE CENTER INVENTORIES
Persediaan material pada akhir periode dilaporkan oleh MSCI.

STEEL STRAPPING
Material pengikatan dan pengemasan yang digunakan untuk menutup dan memperkuat komponen pengapalan, seperti bales, boxes, cartons, coils, crates, dan skids.

STRESS CORROSION CRACKING (SCC)
Retakan pada stainless steel yang terjadi dengan lambat disebabkan oleh efek penggabungan dari tekanan mekanis dan exposure to a corrosive environment.

STRIP
Baja tipis yang mirip dengan hot-rolled sheet, tapi normalnya lebih sempit (dengan lebar sampai 12 inchi) dan diproduksi agar ketebalannya terjaga. Strip juga mungkin dipotong dari lembaran baja dengan menggunakan mesin slitting.

SAE : Society for Automotive Engineering 
Adalah himpunan insinyur dalam bidang teknik mobil atau kendaraan bermotor di Amerika Serikat. Himpunan ini mengeluarkan standar yang dipakai dalam kendaraan bermotor, seperti standar derajat viskositas minyak pelumas yang dinyatakan dengan nomor SAE

SAG ROD : batang pengaku purlin atau girt. Biasa terbuat dari besi bulat (besi beton atau pipa kecil).

SEALENT : Suatu material yang diaplikasikan untuk menutup retak atau sambungan untuk mencegah tirisan.

SECONDARY FRAMING : Frame yang menahan beban dan diteruskan ke primary framing. Contoh purlin, girt, flange brace dll.

SELF DRILLING SCREWS (SDS) 
Material yang digunakan untuk melekatkan panel-panel dinding / atap ke purlin / girt. Pada aplikasinya tidak perlu dilakuakn pelubangan pada panel terlebih dahulu.

SELF TAPPING SCREW
Sama fungsinya dengan SDS hanya saja diperlukan pelubangan terlebih dahulu.

SHEETING 
Penutup atap atau dinding yang terbuat dari lembaran plate tipis bergelombang yang umumnya untuk penutup atap biasa ketebalan 0.45mm.

SIDE WALL: Dinding samping bangunan 

SINTER  
Partikel yang melekat berupa bongkahan kasar berukuran 1 inchi. Normalnya digunakan untuk kumpulan debu dari bijih besi yang berasal dari tungku.

SKYLIGHT : Atap transparan yang biasa dari material fiberglass untuk meneruskan cahaya ke dalam bangunan.

SNI : Standar Nasional Indonesia Adalah standardisasi produk baja yang diproduksi dan digunakan di negara Indonesia

SOFT ANNEALING
Adalah proses perlakuan panas suhu tinggi, dengan tujuan membuat material baja selembut mungkin. Setelah anil lunak, material akan memiliki struktur yang lembut dan mudah dikerjakan oleh mesin.

SOFTENING 
(Pelunakan) Adalah usaha untuk menurunkan sifat mekanik agar menjadi lunak dengan cara mendinginkan material yang sudah dipanaskan didalam tungku (annealing) atau mendinginkan dalam udara terbuka (normalizing).

SPAN : Jarak antara balok ke balok, kolom ke kolom, dll

SPCC : Steel Plate Cold-Rolled Coiled  
Adalah baja lembaran yang dihasilkan lewat proses canai dingin dengan kualitas komersial

SPHC : Steel Plate Hot-Rolled Coiled 
Adalah baja lembaran yang dihasilkan lewat proses canai panas dengan kualitas komersial

SPHC-PO : Steel Plate Hot-Rolled Coiled- Pickle Oiled 
Adalah baja lembaran yang dihasilkan lewat proses canai panas yang diberi lapisan oli

SPHD
Adalah baja ringan lembaran dan strip yang dihasilkan lewat proses canai panas untuk keperluan fabrikasi dan gambar umum. Terdapat sedikit perbedaan komposisi kimia antara baja SPHC & SPHD, dimana SPHD memiliki sifat mekanik yang lebih baik

SPLICE : Sambungan pada balok struktual

SPECIALTY STEEL
Kategori dari baja yang meliputi elektrik, campuran logam, stainless dan tool steels.

SPOT MARKET
Penjualan dengan waktu pengiriman kurang dari 3 bulan

STAINLESS STEEL
Baja nirkarat atau baja tahan karat adalah material yang mengandung senyawa besi dan setidaknya 12% Kromium untuk mencegah proses korosi. Kemampuan tahan karat diperoleh dari terbentuknya lapisan film oksida Kromium yang menghalangi proses oksidasi besi. 

STIFFENER : Plate yang dilas pada member untuk mencegah tekuk.

STRAIN
(Regangan) adalah perubahan pada ukuran material karena gaya dalam kesetimbangan dibandingkan dengan ukuran semula. Juga dapat dikatakan sebagai tingkat deformasi

STRUCTURAL STEEL MEMBER 
Batang-batang atau disebut members yang menahan beban, seperti balok WF balok Welded Beam.

STRUTS : Member penguat horizontal untuk menahan beban horizontal dari arah panjang.

STRUCTURALS
Produk baja yang meliputi I-beam, H-beam, wide-flange beams, dan sheet piling. Produk ini digunakan pada konstruksi gedung bertingkat, bangunan-bangunan industri, jembatan, penyangga jalan laying dan DAS.

SUBSTRATE
Bahan baku yang digunakan sebagai masukan pada pemrosesan baja. Contohnya: hot-rolled steel adalah bahan dasar untuk operasi cold-rolling.

SUPERALLOY
Campuran logam, yang biasanya berbahan dasar nikel, cobalt, atau besi, yang dikembangkan untuk layanan suhu tinggi dimana kerusakan berat secara mekanis dapat ditahan dan dimana stabilitas permukaan diperlukan.

SUPER STAINLESS STEEL
Campuran stainless steel dengan tambahan yang berarti dari krom, nikel, molybdenum, atau tembaga. Super stainless steel digunakan dalam proses kimiawi, penyulingan minyak bumi, bawah laut, pemanasan, polusi, dan pengolahan limbah industri dimana dibutuhkan tahan karat, kekuatan, ketahanan panas ekstra.

------------------------------------------------------------------------------------------------

TACONITE
Adalah mineral alam yang kandungan besinya kurang dari 30%. Ini merupakan bijih utama yang digunakan pada tungku pelebur besi. Supply lokal bijih besi dengan kandungan besi yang besar lebih dari 50% berkurang pada tahun 1940, sehingga perusahaan baja terpadu sekarang memproses taconite untuk membuatnya lebih berguna.

TAILORED BLANKS
Bagian dari lembaran atau strip yang dipotong sesuai panjangnya dan dirampingkan agar sesuai dengan spesifikasi desain pabrik. Karena kelebihan baja dibuang untuk mengurangi biaya pengapalan.

TANTALUM
Adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ta dan nomor atom 73. Unsur jenis logam transisi ini sangat tahan korosi dan ditemukan pada mineral tantalit. Tantalum digunakan pada alat bedah dan implantasi karena tidak bereaksi dengan cairan tubuh, peralatan proses kimia, dan komponen mesin pesawat luar angkasa.

TAPERED MEMBER 
Member built-up yang dilas bersamaan dari plate membentuk member/batang yang mana ujung web nya berbeda.

TAP-TO-TAP TIME
Waktu yang dibutuhkan antara daur leleh yang berurutan atau panas.

TEEMING
Penuangan, cetakan ingot yang diisi oleh iron-bearing.

TEMPERING
Adalah pemanasan logam sampai di bawah suhu kritis yang dilakukan setelah proses pengerasan, pembentukan dingin dan pengelasan, kemudian didinginkan dengan kecepatan yang memadai, guna memperbaiki sifat yang dikehendaki. Bertujuan untuk mengurangi tegangan sisa, meningkatkan ketangguhan dan keuletan baja yang telah mengalami pengerasan martensite.

TENSILE : Gaya tarik arah longitudinal member/batang. 

TENSILE STRENGTH (Rm) 
(Kekuatan tarik) adalah tegangan maksimum yang bisa ditahan oleh sebuah material ketika diregangkan atau ditarik, sebelum bahan tersebut patah.

TERNE
Lembaran baja yang dilapisi dengan campuran timah dan stronsium. Secara prinsip terne digunakan pada pembuatan tangki gas, bahkan bisa juga ditemukan pada tempat penyimpanan bahan-bahan kimia, saringan minyak dan chasis tv.

TIN / CHROME PLATING
Proses pelapisan dimana molekul dari kutub + timah atau krom (anoda) dihubungkan dengan kutub – dari lembaran baja. Ketebalan

TIN-FREE STEEL
Baja yang dilapisi krom. Karena itu digunakan pada kaleng makanan seperti pelat timah, ironisnya ini dikategorikan sebagai produk timah.

TIN-MILL
Fasilitas pelapisan timah yang sinambung untuk memproduksi lembaran baja tin mill yang dapat digunakan pada kaleng makanan dan minuman dan tempat penyimpanan lainnya.

TIN PLATE
Lembaran baja tipis dengan lapisan timah yang sangat tipis. Pelat timah ini digunakan terutama pada pembuatan kaleng.

TITANIUM
Adalah sebuah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Ti dan nomor atom 22. Unsur ini merupakan logam transisi yang ringan, kuat, berkilau, pada suhu normal memiliki tahanan korosi yang tinggi dengan warna putih-metalik-keperakan. 

TOLERANCES
Spesifikasi pelanggan yang mengacu kepada ukuran atau komposisi kimia baja. Toleransi ini mengukur perbedaan spesifikasi produk yang diperbolehkan antara apa yang diinginkan oleh pelanggan dengan apa yang diberikan oleh perusahaan. Tidak ada standar toleransi, karena setiap pelanggan menyediakan sendiri variasi ukurannya. Toleransi diberikan sesuai spesifikasi, kurang atau lebihnya factor kesalahan; makin kecil kisarannya, makin tinggi harganya.

TRANSLUCENT : Material Semi transparan untuk masuk cahaya saja bukan untuk pandangan bebas.

TRUSS 
Member struktural dibuat dari beberapa batang-batang tunggal dilas atau dibaut bersama menjadi satu unit member/balok yang bersama-sama menahan beban.

TYPE 304 Stainless Steel
Austenitic stainless steel khusus yang paling umum (kelas stainless chromium-nickel), dengan jumlah lebih dari setengah stainless steel yang diproduksi diseluruh dunia.

TYPE 316 Stainless Steel
Austenitic stainless steel (kelas stainless chromium-nickel) yang mengandung 2% – 3% molybdenum (dimana tipe 304 tidak punya). Dengan adanya molybdenum memberikan tipe 316 ketahanan lebih besar terhadap berbagai bentuk kerusakan.

TYPE 409 Stainless Steel
Ferritic stainless steel (kategori stainless chromium polos) cocok untuk suhu tinggi. Grade ini memiliki kandungan krom terendah dari seluruh jenis stainless steel dan paling murah.

TYPE 410 Stainless Steel
Martensitic stainless steel adalah tipe yang paling luas penggunaannya

TYPE 430
Ferritic stainless steel adalah tipe yang paling banyak digunakan (kategori stainless chromium polos ) , menawarkan anti karat untuk kepentingan umum, juga untuk aplikasi dekorasi.

TUBE COLOUMN 
Kolom vertical yang dibuat dari pipa kotak. Biasanya dibuat sebagai Internal column atau kolom pada mezzanine.

TUBING
Ketika mengacu kepada OCTG, tubing (selongsong) adalah pipa terpisah yang digunakan dengan selongsong luarnya untuk mengeluarkan minyak dan gas ke bagian permukaan. Tergantung pada kondisi dan umur produksi dari sumurnya, selongsong ini harus diganti dimasa umur produksi tersebut.

TUNDISH
Tempat atau wadah diatas pengecor sinambung. Yang menampung baja cair dari ladle, lalu masuk ke pengecor, mempermudah operator untuk mengatur secara cermat aliran logam kedalam cetakan.

TUNNEL FURNACE
Tipe tungku/ pemanas dimana persediaan dipanaskan diatas lori, yang didorong atau ditarik secara perlahan melalui tungku.

TWIN MILLING
Menggerinda satu atau semua 6 sisi dari bujur sangkar / persegi panjang kecil pelat agar mendekati nilai toleransi.

------------------------------------------------------------------------------------------------

ULTIMATE TENSILE STRENGTH
Kekuatan Tarik Maksimum adalah tegangan maksimum yang dapat ditanggung oleh material sebelum tejadinya perpatahan (fracture).

UNI (Ente Nazionale Italiano di Unificazione) 
Adalah standardisasi produk baja yang diproduksi dan digunakan di negara Italia

UNS : Unified Numbering System 
(Sistem penomoran terpadu) adalah sistem penunjukan paduan yang diterima secara luas di Amerika Utara. Setiap nomor UNS terkait dengan logam atau paduan tertentu dan menentukan komposisi kimianya yang spesifik, atau dalam beberapa kasus sifat mekanik atau fisik tertentu. Nomor UNS saja tidak merupakan spesifikasi material lengkap karena nomor tersebut tidak menetapkan persyaratan untuk sifat material, perlakuan panas, bentuk, atau kualitas.

------------------------------------------------------------------------------------------------

VACUUM DEGASSING
Fasilitas peleburan baja yang sudah maju yang menghilangkan oksigen, hydrogen dan nitrogen dibawah tekanan rendah (in vacuum) untuk menghasilkan baja rendah karbon untuk permintaan alat-alat elektronik dan otomotif. Secara normal berlangsung di ladle, penghilangan gas-gas terlarut dihasilkan dalam pembersih, kualitas lebih tinggi, baja lebih murni.

VACUUM OXYGEN DECARBURIZATION (VOD)
Adalah suatu proses untuk membersihkan stainless steel melalui reduksi karbon.

VANADIUM (V)
Merupakan unsur tambahan pada paduan logam untuk menambah ketahanan terhadap keausan. Unsur yang dapat membentuk karbida ini juga berpotensi menambah kekerasan baja serta mengurangi dampak melemahnya material akibat pembebanan berulang kali, namun.menurunkan kepekaan terhadap sengatan panas yang melewati batas pada perlakuan panas

VENTILATOR : Komponen aksesoris bukaan untuk udara masuk

VIERKANT: adalah besi pejal berbentuk empat persegi. Umumnya digunakan untuk teralis jendela.

V-NOTCH CHARPY TEST - Lihat CHARPY IMPACT TEST

------------------------------------------------------------------------------------------------

WATER HARDENING STEEL 
Adalah baja dengan proses hardening menggunakan media pendingin air

WEAR PLATE
Adalah baja tahan gesek dengan kekerasan tinggi, umumnya di atas 370 HB. Membuatnya cocok digunakan untuk baja yang saling bersingungan, seperti alat berat.

WEB : Bagian dari batang struktural antara flange.

WELDED PIPE
Pipa las adalah pipa besi yang diproses dengan metode pengelasan. Pipa welded biasa dibuat dari plat atau strip baja yang disambung dengan teknik las.

WIDE FLANGE (WF)
Adalah salah satu profil baja struktural yang populer digunakan untuk konstruksi baja. Profil ini berbentuk huruf I dengan flange yang lebih tebal dari INP

WIND LOAD : Beban angin yang diakibatkan oleh kecepatan angin.

WIREMESH 
Adalah rangkaian kawat baja berbentuk jaring-jaring dengan spasi tertentu yang pada tiap titik pertemuannya dihubungkan dengan mesin las listrik bertegangan tinggi sehingga memiliki kualitas las yang baik. Ukuran diameter tulangan Wiremesh biasa ditulis dengan awalan M misalnya M6 untuk Wiremesh dengan diameter tulangan 6 mm. Umumnya ukuran diameter Wiremesh yang ada adalah ukuran M4, M5, M6, M7, M8, M9, M10, & M12.  

------------------------------------------------------------------------------------------------

YIELD STRENGTH (ReH)
(Kekuatan Luluh) adalah tegangan minimum ketika suatu material kehilangan sifat elastisnya.

------------------------------------------------------------------------------------------------

ZERON 100 
Adalah baja tahan karat super dupleks yang dikembangkan oleh Rolled Alloys. Paduan ini memiliki ketahanan terhadap korosi yang sangat baik dikombinasikan dengan kekuatan tinggi. Biasanya mengandung 25% kromium dan 7% nikel dan 3,6% molibdenum bersama dengan penambahan tembaga dan tungsten.

ZIRKONIUM (ZR)
Zirkonium merupakan unsur ke-40 dalam tabel periodik, terdapat dalam golongan titanium, golongan IVB, memiliki sifat kimia dan fisika mirip dengan titanium dan juga Hafnium. Zirkonium merupakan logam kuat, bisa ditempa, ulet, dan berwarna perak abu-abu. Zirkonium lebih ringan dari baja dan kekerasannya mirip dengan tembaga.sangat tahan terhadap panas dan korosi. Saat berada dalam bentuk bubuk, dianggap berbahaya karena mudah terbakar. logam ini dapat secara spontan menyala di udara, terutama pada suhu tinggi.

Produk Terkait:

Tags:
  • Jual plate Hardox,Bisalloy,Creusabro,XAR,Brinar,Sumihard,Ympress,JFE Everhard, Fora,Corten,Harga Baja,jual stainless steel,304/L, 316, 310, 3Cr12, Durinox,201,Java Steel Pipe,distributor,Master,KS, GG, wear plate, jual steel,harga steel,JIS,SNI, ASTM,grade,400,500,daftar harga, 2012,jual besi baja,Aluminium,material baja preharden,material stavax, jual vcn steel, Harga besi, inp, cnp,unp,WF,H-beam,besi beton,besi cor,Steel AISI,valve, harga,Plate, Boiler,flange,plat Kapal SS400,A36,BKIsplate,SPCC,SPHC,Mild steel sm490-YA /YB, ABS, abrasion,Marine,Offshore Plates,DNV,standard,tabel,bolt,nuts,berat

No Comments