• Hardox, Bisalloy, Creusabro, XAR, Quard Sumihard, Fora, Raex,JFE Everhard
  • Plat Boiler,A283Gr.C,SS400,Plat Kapal,A36,BKI,SM490,S355J
  • 3Cr12,210,304/304L,AISI 310,316/316L,403, 410,430,Durinox
  • AISI 1045,AISI 4140,AISI 4340,SCM415,SCM435,SCM440,DIN 42CrMo4,DIN 34NiCrMo6,
  • S45C,S50C,VCL140,VCN150,ASSAB,Bohler, Thyssenkrupp
  • SKD11, SKD61, SKS3, SKT4, HSS, Tungsteen Carbide
  • H-Beam,I-Beam,WF Beam,UNP,C-Channel,Besi Siku,King Cross, T-Section
  • Toko Besi,Jual Besi Baja,harga Plat dan RounBar

Share This

Jenis-Jenis Steel Untuk Aplikasi Dies

Apa yang dimaksud dengan dies?

“Dies” adalah suatu cetakan yang digerakan oleh mesin press untuk menekan atau mengepress bahan / material untuk menghasilkan barang yang sesuai dengan pola yang sudah ditentukan. Proses pembentukan part biasanya dari material metal berbentuk lembaran disebut dengan proses stamping.

Proses stamping adalah proses yang kompleks dimana terdapat beberapa proses forming, blanking, punching, bending, dan pierching.
Stamping press dan stamping dies adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan part dari lembaran logam dengan tekanan tinggi. Tekanan press memberikan gaya untuk menutup dies di mana kedua dies membentuk dan memotong lembaran logam menjadi bagian-bagian barang jadi/part.

Produksi stamping umumnya dilakukan dengan menggunakan bahan lembaran logam dengan ketebalan bervariasi mulai dari 0.1mm sampai 20mm, tetapi prosesnya juga dapat diaplikasikan pada foil setipis 0,001 atau pada plat stock dengan ketebalan mendekati 1.000.


Configuration of main parts of a die


Cara Kerja dies

Meskipun ada beberapa jenis struktur dies, penjelasan yang diberikan di sini didasarkan pada struktur stripper bergerak yang banyak digunakan. Konfigurasi pelat cetakan yang ditunjukkan pada Gambar. 1 menunjukkan konfigurasi terbesar dari struktur stripper yang dapat digerakkan.
 
Dies sebagaimana telah disebutkan diatas, merupakan alat pendukung proses stamping. Jadi dies terdiri dari satu set cetakan dimana komponen male dan female adalah alat sebenarnya yang menghasilkan cetakan berbentuk stamping. 

Cara kerja dies, yaitu memotong plat lembaran sesuai dengan bentuk yang dikehendaki. Komponen male dan female bekerja berlawanan dengan form dan punch hole pada stok. Bagian atas setengah dari set die, yang bisa male atau female, dipasang pada ram press dan menghantarkan stroke action. Setengah bagian bawah dipasang ke intermediate bolster plate  yang berfungsi mengamankan tekanan press bed. Pin pemandu digunakan untuk memastikan keselarasan antara bagian atas dan bawah dari 1 set cetakan.

Jenis cetakan ini yang paling umum dipakai untuk proses pemotongan dan pembentukan. Cutting dies digunakan untuk memotong bahan lembaran menjadi blank. Blank ini kemudian terkena blanking dies yang memotong seluruh perimeter bagian atau forming dies di mana blank distamping menjadi barang jadi.

Jenis jenis material baja yang digunakan untuk bagian utama dies berukuran sedang dan besar dijelaskan seperti berikut ini.


(1) Punch Holder

Punch Holder Material: SS400, S50C (S55C), FC250, SKS3 & Duralium 7075
The punch and die holder tidak hanya untuk memasang cetakan ke mesin press tetapi juga untuk mendukung kekakuan cetakan. Mereka juga memiliki peran menyesuaikan tinggi mati dan menyediakan ruang untuk mata air, dll.

Biasanya bahan yang digunakan adalah SS400 atau S50C. Tidak ada perbedaan besar antara keduanya. Di antara jenis besi tuang, FC250 digunakan. Ini adalah bahan yang digunakan saat set cetakan besi tuang digunakan. Ketika kekakuan tinggi diperlukan untuk tujuan seperti produksi volume tinggi, dll., SKS3 digunakan setelah perlakuan panas (hingga kekerasan sekitar 56 HRC). Ketika bobot rendah diperlukan, paduan aluminium A7075 dapat digunakan.

(2)Pelat pendukung (Backing plate)

Backing plate Material: SK3, SK5, SKS3 dan S50C
Backing plates digunakan di tiga lokasi dalam cetakan. Mereka digunakan untuk tujuan membuat cadangan untuk mencegah komponen seperti pukulan berdiameter kecil, dll., masuk terlalu dalam ke dalam dudukan karena kekuatan operasi pers. Selain itu, backing plate digunakan untuk mencegah bagian-bagian terlepas (stripper backing plate) dan untuk mengatur ketinggian die.

Untuk pencadangan, bahan SK digunakan setelah perlakuan panas (hingga kekerasan sekitar 56 HRC). Bahan SKS digunakan saat dibutuhkan kekakuan tinggi. Bahan seperti S50C, yang digunakan tanpa perlakuan panas, digunakan untuk mencadangkan atau mencegah terlepasnya bagian-bagian seperti pukulan berukuran besar dengan area penerima tekanan yang besar, atau untuk menyesuaikan ketinggian.


(3) Punch plate

Punch plate digunakan untuk tujuan menahan pukulan kecil. Biasanya SS400, S50C, dll. digunakan tanpa perlakuan panas. Dalam kasus cetakan untuk produksi volume tinggi, baja pra-perkerasan yang memiliki tingkat kekerasan tertentu, atau SKS3 atau SKD11 yang diberi perlakuan panas juga dapat digunakan. Bahan SK jarang digunakan. Ketika toleransi pemesinan SKS3 menjadi perhatian, material SKD11 juga dapat digunakan yang merupakan keputusan berdasarkan karakteristik pemotongan kawat. Bahan pelat pukulan: SS400, S50C (S55C), SKS3, SKD11, pre-hardened steel


(4) Stripper plate

Fungsi utama stripper adalah untuk menghilangkan sisa, sangat sering dibuat memiliki fungsi sekunder yang penting untuk menekan bahan atau mengarahkan ujung pukulan (punch guide). Saat membuang skrap dalam produksi volume kecil adalah penting, bahan seperti S50C atau baja pra-perkerasan digunakan yang tidak memerlukan perlakuan panas. Ketika bahan tanpa perlakuan panas digunakan, meskipun dibuat untuk memiliki fungsi menekan bahan dan mengarahkan pukulan, pelat bisa berubah bentuk saat ada pukulan yang salah. Ketika panduan pukulan atau bagian pengepres bahan ditambahkan, bahan seperti SKS3 atau SKD11 digunakan setelah perlakuan panas.

Stripper plate Material: S50C, SKS3, SKD11, pre-hardened steel

(5) Die plate SK materials, SKS3, SKD11

Baja SK atau SKS3 digunakan dalam cetakan untuk produksi volume kecil. Standar bahan yang digunakan adalah SKD11. Tren ini menjadi mapan karena persiapan cetakan menggunakan mesin pemotong kawat pelepasan listrik telah meluas.


(6) Nested plates

Deskripsi yang diberikan di atas mengasumsikan pelat tipe tunggal. Dalam cetakan, pelat tipe bersarang (tipe sisipan) sangat sering digunakan. Pelat semacam itu digunakan untuk pelat stripper atau pelat mati. Dalam kasus produksi volume kecil, bahan seperti S50C tanpa perlakuan panas terkadang digunakan untuk pelat utama. Untuk produksi volume sedang atau lebih tinggi, bahan seperti SKS3 atau SKD11 digunakan setelah perlakuan panas.
Baja material SKD11, SKH51, pre-hardened steel, dan karbida semen, dll. digunakan sebagai bahan untuk pelat bersarang. Pemilihan material didasarkan pada kemudahan perawatan, akurasi, dan masa operasi. Fig. 2 Nested type plates


(7) Punch

Material baja untuk punches adalah SKS3, SKD11, SKH51, powdered high speed tool steel, cemented carbide, etc.
Standard material yang digunakan SKD11. SKS3 kadang-kadang digunakan dalam kasus produksi volume kecil. SKH51 digunakan saat ukurannya kecil, atau saat diperlukan ketangguhan. Bubuk baja perkakas berkecepatan tinggi atau karbida semen digunakan saat ketahanan aus diperlukan atau untuk produksi volume besar.





Related Steel:


Penelusuran Terkait: spesifikasi Thyssenkrupp 2379, spesifikasi AISI D2, spesifikasi DIN X155CrVMo121, spesifikasi ASSAB XW41/42, spesifikasi Bohler K110 KNL extra, baja prehardened, Tool Steel annealed,HRC skd 11,tabel kekerasan baja skd,hardness skd11 ,baja skh51,steel sks3,harga skd 11 per kg, harga aisi d2,jual skd 11

Produk Terkait:

Tags:
  • #toko besi terdekat, Jual plat Hardox,jual plat abrex 500,plate 253MA stainless, harga Plat 3cr12,plat Everhard C-400,XAR wear plate,quard plate, Jual plate raex 400, Creusabro 8000, plate weldox, Harga Baja, #jual stainless steel 304/L, as stainless 316, plat stainless 310s, sf003 steel plate,Jual plat A283 Gr.C bekasi,harga plat A516 Gr.70, stainless 410s Durinox,Jual Steel Pipe, distributor baja KS, GRP, dual plate,jual steel holo, harga steel roundbar terbaru, ASTM A572 grade 50, daftar harga stainless 2023,jual besi kotak,Aluminium plate 7075, material baja preharden,material stavax, jual vcn steel, Harga besi holo,inp,wf, unp,cnp,,H-beam,besi beton,Steel AISI 4340, harga Plate Boiler A387 Gr.22,jual valve dan flange,plat Kapal SS400,A36, BKI plate,SPCC SD, SPHC,Plat S355JR steel, harga plate sm490 YA, ABS, abrasion,Marine plate, plate Corten, Sumihard,Offshore plates,plat bisalloy,